Comscore Tracker

Hari ke-16, Delapan Korban Gempa Cianjur Belum Ditemukan

Pencarian korban akan dilanjutkan

Bandung, IDN Times - Pencarian korban jiwa akibat gempa di Kabupaten Cianjur masih juga tidak membuahkan hasil. Hingga hari ke-16, masih ada delapan korban yang belum juga diketemukan oleh tim SAR gabungan.

Asda 2 Pemkab Cianjur Budi Rahayu menuturkan, karena pencarian belum juga menghasilkan titik temu, maka korban meninggal dunia yang terdata masih ada 334 jiwa.

"Korban luka berat masih sama ada 539 orang, sedangkan yang dirawat di seluruh rumah sakit di Cianjur ada 44 orang," kata Budi dalam konferensi pers, Selasa (6/12/2022).

Sampai hari ini jumlah keluarga yang terdaftar terdampak bencana ada 41.169 dengan jumlah pengungsi mencapai 114.683 orang. Mereka tersebar di 375 titik poskom di mana ada 375 yang terpusat dan 120 posko mandiri.

Saat ini, lanjut Budi, bantuan untuk warga Cianjur terus berdatangan dari berbagai pihak baik pemerintah, swasta, maupun perorangan. Total dana yang masuk ke Pemda Cianjur mencapai Rp12,8 miliar. Dana ini kemudian digunakan untuk keperluas logistik masyarakat.

Sebelumnya, Kepala Sub Satgas 1 SAR AKP Heri Zanuar di Cianjur, Jawa Barat, Senin, mengatakan pencarian korban masih dilakukan di area Sate Sinta-Cijedil dan Jalan Mangunkerta.

Ia menyebutkan memasuki hari kedua setelah pencarian kembali diperpanjang, masih tetap tidak membuahkan hasil. Padahal, jumlah alat berat yang diturunkan juga ditambah.

“Pencarian korban menggunakan cara pengerukan tanah pada area yang diduga adanya korban Propability Of Detection (POD) dengan menggunakan alat berat serta penyemprotan tanah dengan air untuk mengurai tanah yang menutupi bangunan, tapi belum membuahkan hasil," kata Zanuar.

Tim mengalami hambatan karena hujan kembali turun dengan intensitas cukup tinggi ditambah beberapa kali gempa susulan dapat mengancam keselamatan tim karena bangunan yang tertimbun tanah longsor dengan kedalaman lebih dari 5 meter, serta area pencarian dengan kemiringan tanah 70 derajat.

Baca Juga: Dinsos Jabar Minta Warga Tak Timbun Bantuan untuk Gempa Cianjur

Baca Juga: Jokowi: 56 ribu Rumah Rusak di Cianjur Akan Diberi Bantuan

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya