Comscore Tracker

Cegah Kejahatan, Warga Bandung Kembali Rutinkan Siskamling

Bandung sedang tidak baik-baik saja

Bandung, IDN Times - Ratusan aparat Linmas dan berbagai elemen masyarakat Kota Bandung secara serentak menggelar Sistem Keamanan Lingkungan (siskamling) di wilayahnya masing-masing secara rutin. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi dan meminimalisir tindak kejahatan serta sebagai gerakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman. 

Siskamling ini secara serentak dilakukan di 151 kelurahan dan 30 Kecamatan di Kota Bandung sejak 13 Januari 2023 lalu.

Ketua Paguyuban Camat Kota Bandung, Syukur Sabar mengatakan jika para camat menurunkan anggota Pelindungan Masyarakat (linmas) di setiap wilayahnya untuk menggelar siskamling. Masyarakat pun secara bergotong royong melakukan siskamling hingga di jalan terkecil seperti gang. 

"Wilayah yang banyak kita patroli ke gang, intinya tiap kawasan harus terpantau," ujarnya melalui Humas Pemkot Bandung, dikutip Selasa (24/1/2023). 

1. Jaga malam dijaga bergiliran

Cegah Kejahatan, Warga Bandung Kembali Rutinkan SiskamlingSejumlah warga di Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan sedang ronda untuk mengantisipasi serangan hewan buas terhadap kambing. Dok.IDN Times/Istimewa

Untuk jumlah personel, tiap kecamatan dan kelurahan berbeda. Kecamatan sebanyak 10 orang, untuk kelurahan sebanyak 4-5 orang. 

"Kita juga mendorong warga untuk ikut berperan bersama linmas juga jajaran Forkopimcam (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan)," ujarnya. 

Dia memastikan aparat kewilayahan terus berkolaborasi dengan Bhabinkamtibnas juga Babinsa dalam menjaga keamanan. 

"Itu tetap berjalan, jadi siskamling berjalan termasuk kegiatan dengan TNI dan Polri," katanya. 

2. Operasi di malam hari oleh dinas dirutinkan

Cegah Kejahatan, Warga Bandung Kembali Rutinkan SiskamlingWali Kota Bandung Yana Mulyana. IDN Times/Humas Bandung

Sebelumnya, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengimbau warga bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban umum di Kota Bandung.

Ia menginstruksikan Satpol PP dan Dishub untuk rutin menggelar patroli. Sedang untuk aparat kewilayahan, Yana meminta siskamling kembali digiatkan

“Jaga keamanan. Untuk pihak kewilayahan, giatkan lagi siskamling. Di ranah pemerintah, kita minta Dishub, Satpol PP rutin gelar operasi,” ujar Yana.

3. Keamanan wilayah harus dijaga bersama

Cegah Kejahatan, Warga Bandung Kembali Rutinkan SiskamlingIlustrasi pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperkuat koordinasi dengan pemangku kebijakan untuk meningkatkan keamanan terkait dengan maraknya tindak kriminal begal yang terjadi belakangan ini di sejumlah wilayah di Jawa Barat.

"Saya akan terus mengoordinasikan keamanan di Depok, Bekasi, Pangandaran, Tasikmalaya, dan Garut yang sempat ramai (pembegalan), termasuk di Bandung," kata Ridwan Kamil dikutip dari ANTARA, Jumat (13/1/2023).

Selain itu, Ridwan Kamil juga mengimbau kepada warga Jabar untuk menghidupkan kembali ronda malam dan menggencarkan siskamling sehingga dapat menekan tindak kriminalitas.

Warga juga diimbau segera melaporkan jika melihat ada hal-hal yang mencurigakan di lingkungannya karena ketertiban dan keamanan bukan hanya tugas negara, melainkan tugas bersama seluruh masyarakat.  

"Rajin melaporkan, mengamati gerak-gerik mencurigakan dan lain sebagainya. Keamanan, ketertiban, dan kebersihan bukan hanya tugas negara. Itu tugas kita bersama. Jadi siskamling mudah-mudahan menjadi satu solusi dalam hal preventif," kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Siskamling Dihidupkan Lagi Antisipasi Aksi Kriminal

Baca Juga: Kepala BNPB Minta Warga Adakan Siskamling untuk Siaga Bencana

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya