Comscore Tracker

BPBD Berjanji Segera Tangani Tebing Rawan Longsor Bandung-Cianjur

Jalan penghubung dua daerah ini kerap alami longsor

Bandung, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur segera berkoordinasi dengan dinas terkait di daerah hingga pusat untuk melakukan penanganan tuntas terkait tebing rawan longsor di sejumlah titik di wilayah selatan yang kerap menutup jalan milik nasional, provinsi dan kabupaten seperti yang menimpa jalur utama Bandung-Cianjur.

Sekretaris BPBD Cianjur Irfan Sopyan mengatakan, setelah sempat tertutup untuk ketiga kalinya, Jalan Utama Bandung-Cianjur, tepatnya di Desa Sukabakti, Kecamatan Naringgul dapat kembali dilalui kendaraan secara normal setelah petugas melakukan pembersihan material longsoran tebing di pinggir jalan nasional itu.

"Alat berat dari kementerian PUPR langsung diturunkan ke lokasi untuk membersihkan material longsor sepanjang 30 meter dengan ketebalan mencapai 2 meter. Menjelang siang arus lalu lintas sudah kembali normal, namun pengendara tetap diimbau waspada saat melintas terutama saat hujan turun deras," kata dikutip dari ANTARA, Rabu (2/12/2020).

1. Segera bangun tanggul penahan tanah

BPBD Berjanji Segera Tangani Tebing Rawan Longsor Bandung-CianjurIDN Times/Galih Persiana

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya bersama dinas terkait di Pemkab Cianjur, Pemprov Jabar hingga pemerintah pusat, berencana untuk melakukan penanganan khusus di sejumlah tebing di wilayah selatan yang rawan longsor mulai dari Sukanagara hingga Naringgul, dengan cara memasang tanggul penahan tanah di bawah tebing.

Sehingga saat terjadi longsoran, tidak sampai kembali menutup landasan jalan dan mengancam perkampungan warga seperti di Kecamatan Sukanagara, Pagelaran beberapa kecamatan lainnya yang masuk dalam zona rawan terjadi bencana alam longsor.

"Meski sudah dapat dilalui, tebing di pinggir jalan nasional yang menghubungkan Bandung-Cianjur itu, masih rawan terjadi longsor kalau tidak ada penanganan serius, sehingga dalam waktu dekat, kami akan melakukan pemasangan bronjong penahan tanah di beberapa titik yang rawan kembali longsor," katanya.

2. Warga diimbau waspada ketika melintas di jalan Bandung-Cianjur

BPBD Berjanji Segera Tangani Tebing Rawan Longsor Bandung-CianjurIlustrasi Daerah Rawan Longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Sementara itu, Kapolsek Naringgul AKP Yayan Suharyana mengimbau pengguna jalan yang melintas di sepanjang jalur tersebut, untuk ekstra hati-hati dan waspada terutama saat hujan turun deras karena tebing di sepanjang jalur Naringgul-Ciwidey rawan terjadi longsor.

"Saat ini, jalur utama Bandung-Cianjur di Desa Sukabakti yang longsor sudah dapat dilalui normal, namun landasan masih licin karena masih banyak sisa lumpur. Kami imbau warga terutama pengendara roda dua atau empat, untuk waspada dan hati-hati saat melintas," katanya.

3. Hingga November sudah ada 2.635 bencana alam yang terjadi

BPBD Berjanji Segera Tangani Tebing Rawan Longsor Bandung-CianjurDok.IDN Times/Istimewa

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 2.635 bencana alam terjadi di seluruh wilayah Indonesia sepanjang Januari hingga 25 November 2020. Mayoritas bencana tersebut merupakan bencana hidrometeorologi atau bencana yang terjadi sebagai dampak dari fenomena meteorologi/alam.

"Bencana banjir menjadi yang mendominasi, yakni sebanyak 933 kejadian, disusul puting beliung 794 kejadian, dan longsor 504 kejadian," berdasarkan keterangan dalam akun Twitter resminya dikutip dari Antara.

4. Sudah ada 53 juta jiwa terdampak bencana

BPBD Berjanji Segera Tangani Tebing Rawan Longsor Bandung-CianjurIlustrasi Banjir Jakarta (IDN Times/Mardya Shakti)

Dari ribuan bencana yang tercatat telah menyebabkan 5,6 juta jiwa terdampak dan harus mengungsi, 335 jiwa meninggal dunia, 35 orang hilang, serta 513 orang mengalami luka-luka.

Selain itu, menyebabkan 38.650 rumah rusak dengan skala ringan hingga berat dan sedikitnya 1.529 fasilitas umum juga terdampak. Kemudian bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tercatat terjadi sebanyak 325 kejadian, lima kali erupsi gunung api.

Baca Juga: Antisipasi Kekeringan, BPBD Jabar Mulai Salurkan Bantuan Air Bersih

Baca Juga: Hujan Deras Diprediksi Guyur Bandung, BPBD Siaga Ancaman Banjir

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya