Comscore Tracker

Bocah Hanyut di Selokan Ditemukan Tim SAR di Kawasan Waduk Saguling

Jenazah korban hanyut puluhan kilometer dari lokasi kejadian

Bandung, IDN Times - Tim SAR Gabungan berhasil menemukan bocah hilang yang hanyut di Parit Babakan Ciparay, Kota Bandung, Selasa(18/2). Korban berinisial IR (6) itu ditemukan puluhan kilometer dari lokasi kejadian atau tepatnya di Genangan Saguling, Kampung Palayangan, RT06/05, Desa Cihampelas, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.

Penemuan ini berawal dari laporan warga kepada tim SAR Gabungan sekitar pukul 14.00 WIB. Warga melihat ada mayat laki-laki di genangan Saguling. Atas informasi ini tim langsung menuju lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan polsek serta keluarga korban.

1. Keluarga memastikan mayat anak tersebut adalah IR

Bocah Hanyut di Selokan Ditemukan Tim SAR di Kawasan Waduk SagulingDok.IDN Times/Istimewa

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah mengatakan, setelah dilakukan pengecekan, keluarga korban mengkonfirmasi bahwa temuan mayat tersebut merupakan IR, korban tenggelam di Babakan Ciparay Kota Bandung bersama satu korban lainnya berinisial F.

"Sekitar pukul 14.30 WIB tim melakukan evakuasi korban dalam keadaan meninggal dunia dan menyerahkan korban kepada keluarga," ujar Deden melalui siaran pers.

2. Hilang ketika bermain air saat hujan besar

Bocah Hanyut di Selokan Ditemukan Tim SAR di Kawasan Waduk SagulingDok.IDN Times/Istimewa

Dua bocah ini sebelumnya dilaporkan tenggelam di Parit Babakan Ciparay pada Jumat. Setelah ada laporan tersebut unsur Basarnas Bandung , Polsek Babakan Ciparay, Koramil Babakan Ciparay, Diskar Kota Bandung, PMI Kota Bandung, YKPA dan RMI langsung melakukan pencarian.

Korban F yang pertama ditemukan berada di Desa Sukamenak, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Minggu (16/2). Sayang ketika ditemukan korban sudah tanpa nyawa.

3. Wali Kota Bandung minta camat dan luar perhatikan wilayah bahaya di sekitar

Bocah Hanyut di Selokan Ditemukan Tim SAR di Kawasan Waduk SagulingIDN Times/Debbie Sutrisno

Wali Kota Bandung, Oded M Danial turut berduka atas peristiwa hanyutnya dua bocah di Selokan Loa, Babakan Ciparay. Dua anak ini terseret arus deras saat terjadi hujan. Satu di antaranya telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Melihat kondisi tersebut Oded meminta seluruh camat dan lurah segera memerhatikan wilayah berbahaya bagi anak agar tidak terjadi kasus serupa seperti di Selokan Loa, Babakan Ciparay.

"Saya minta ke pak camat, pak lurah, tolong evaluasi tempat kejadian. Apakah perlu dibangun pagar. Kalau seperti itu, sebagai bukti bahwa kasus atau kejadian ini jangan sampai terulang lagi," ujar Oded.

4. Pemkot Bandung akan lakukan pendampingan kepada keluarga yang ditinggalkan

Bocah Hanyut di Selokan Ditemukan Tim SAR di Kawasan Waduk SagulingDok.IDN Times/Istimewa

Oded berkunjung ke kediaman salah satu korban hanyut yang belum ditemukan, Senin(17/2). Ia menyampaikan rasa belasungkawa kepada keluarga, karena sampai saat ini Irgi masih belum ditemukan.

"Sekarang ini keluarga korban masih berduka. Pertama kami backup mereka. Secara psikologis kami juga memberikan perhatian," paparnya.

Di sisi lain, Oded pun mengapresiasi kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi dan memberikan atensi terkait kasus ini. Ia berterima kasih dengan ditemukannya salah satu korban.

"Banyaknya pihak yang bergerak, hatinya pada musibah ini. Semoga Allah SWT akan memudahkan kita memberikan jalan keluar," ucapnya.

Baca Juga: Bocah Hanyut di Selokan, Oded Minta Camat dan Lurah Perhatikan Daerah Rawan

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya