Bank Indonesia Siapkan Rp18,3 T untuk Penukaran Uang di Jabar

Ada 800 titik penukaran yang bisa diakses masyarakat

Bandung, IDN Times - Bank Indonesia (BI) Jawa Barat menyiapkan dana sebesar Rp18,3 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam penukaran uang jelang perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Nilai tersebut lebih tinggi dari realisasi kebutuhan uang pada periode Ramadan-Idulfitri tahun 2022 sebesar Rp16,6 triliun, dan proyeksi kebutuhan uang masyarakat sebesar Rp17,4 triliun.

Direktur Eksekutif BI Jabar Erwin Gunawan Hutapea mengatakan, peningkatan tersebut memerhatikan antisipasi peningkatan mobilisasi masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 2023.

"Apalagi sekarang PPKM sudah dicabut maka aktivitas akan semakin tinggi dan pertumbuhan ekonomian semakin membaik," kata Erwin dalam kegiatan SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri) di Gedung BI Jabar, Kota Bandung, Senin (27/3/2023).

1. Ada 800 titik penukaran yang bisa diakses masyarakat

Bank Indonesia Siapkan Rp18,3 T untuk Penukaran Uang di JabarIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurutntya, kebutuhan uang tunai paling tinggi (64,2 persen) bersumber dari wilayah Priangan (di luar Bodebek), diikuti wilayah Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan sebesar 21,5 persen, dan wilayah Priangan Timur sebesar 14,3 persen.

Program SERAMBI menyediakan layanan penukaran uang di 800 titik yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat.

Lokasi tersebut mencakup layanan penukaran di kantor perbankan di Jawa Barat, layanan kas keliling Bank Indonesia, penukaran di pusat keramaian seperti bandara, stasiun, terminal, dan rest area di beberapa ruas jalan tol.

"Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id," kata dia.

2. Satu paket penukaran bisa mencapai Rp3,8 juta

Bank Indonesia Siapkan Rp18,3 T untuk Penukaran Uang di JabarMata uang Rupiah (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan penukaran uang, melalui program SERAMBI, Bank Indonesia Jawa Barat bersama perbankan juga menyelenggarakan layanan penukaran terpadu.

Khusus di wilayah Bandung Raya, masyarakat dapat melakukan penukaran di layanan terpadu ini mulai tanggal 4 hingga 18 April 2023, bertempat di halaman kantor Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Jl Braga No 108, Bandung.

Layanan terpadu ini merupakan kerja sama Bank Indonesia Jawa Barat dengan 14 bank yang terdiri dari bank BJB, BCA, Mandiri, BNI, BRI, BTN, BSI, Banj BJB Syariah, Bank DKI, CIMB Niaga, KB Bukopin Syariah, OCBC Bank, Bank Woori Saudara, dan Maybank Indonesia.

Melalui layanan penukaran terpadu ini, masyarakat dapat melakukan penukaran uang dalam bentuk paket senilai Rp3,8 juta per orang yang terdiri dari masing-masing 1 paket uang pecahan Rp20.000-Rp1.000.

"Kalau dari sisi jumlah pecahan pastinya kebutuhan untuk ukuran kecil itu lebih banyak. Karena biasanya tradisi untuk memberikan uang baru ke saudara," kata dia.

3. Mari bijak dalam membelanjakan uang di saat Ramadan dan Idul Fitri

Bank Indonesia Siapkan Rp18,3 T untuk Penukaran Uang di JabarIlustrasi Belanja E-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Di sisi lain, Bank Indonesia mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam membelanjakan uangnya. Erwin menyebut bahwa sudah selayaknya masyarakat untuk cinta, bangga, dan paham tentang rupiah.

Cinta itu bisa dengan merawat rupiah secara baik dan bangga menggunakannya.

"Nah untuk menggunakannya kita harus paham. Belanja secara bijak sesuai dengan kebutuhan," kata dia.

Untuk membeli barang, masyarakat diimbau membelanjakan uangnya sesuai dengan kualitas dan berapa banyak yang yang dimiliki, tidak mengada-ada.

Baca Juga: Catat, BI Batasi Penukaran Uang Maksimal Rp3,8 Juta 

Baca Juga: Konser Hajatan Anak Medan Hari Ini, Cek Cara Penukaran Tiketnya

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya