Banjir Bandang Sumedang, Tim SAR Bandung Berhasil Evakuasi 18 Orang

Satu orang diduga terseret dan masih hilang

Bandung, IDN Times - Banjir bandang menerjang Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Rabu (4/5/2022). Bencana alam ini menyeret seorang warga berusia 13 tahun dan masih dalam pencarian tim SAR Gabungan.

Sementara, 18 warga lainnya yang terjebak derasnya arus air banjir bandang berhasil dievakuasi Tim SAR Gabungan. Warga dievakuasi menggunakan tali penyebrangan dan memanfaatkan material yang ada di lokasi, warga yang dievakuasi dibawa ke rumah Ketua Rukun Warga setempat.

"Arus banjir yang deras menyulitkan proses evakuasi, penggunaan LCR untuk evakuasi juga tidak memungkinkan karena lokasi bebatuan. Adapun tinggi muka air pada saat pelaksanaan evakuasi bervariasi hingga 2 meter," kata Komandan tim rescue Kantor SAR Bandung, Nova Perdiana melalui siaran pers, Kamis (5/5/2022).

1. Fokus pencarian satu orang yang hilang

Banjir Bandang Sumedang, Tim SAR Bandung Berhasil Evakuasi 18 OrangIDN Times/Istimewa

Nova mengatakan, saat ini tim memfokuskan pencarian terhadap satu orang yang terseret arus pada saat banjir berlangsung atas nama Aira Dwi Rahmayunda (13). Dia merupakan warga Desa Karangasem Rt 05/01, Kabupaten Indramayu.

Dengan rencana operasi tim SAR membagi tim menjadi 3 SRU. SRU 1 pencarian dari lokasi kejadian sejauh 2 KM ke arah utara, SRU 2 pencarian pinggir sungai sebelah kanan sejauh 2 KM ke arah utara dan SRU 3 pencarian pinggir sungai sebelah kiri sejauh 2 Km ke arah utara.

Adapun unsur SAR yang terlibat antara lain Basarnas Bandung, Polres Sumedang, Damkar Sumedang, Tagana Sumedang, BPBD Sumedang, PMI Kab. Sumedang, Satpol PP Sumedang, Gadamusa, Sumedang Mandiri Rescue, FPRB dan Dinkes Sumedang.

2. Sumedang akan diguyur hujan intensitas sedang

Banjir Bandang Sumedang, Tim SAR Bandung Berhasil Evakuasi 18 OrangIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kabupaten Sumedang hari ini tidak akan diguyur dengan hujan berintensitas tinggi.

Dari pagi hingga sekitar pukul 10.00 WIB cuaca di Sumedang masih berawan. Masuk sekitar pukul 13.00 WIB akan turun hujan dengan intensitas ringan. Barulah pada sore hari sekitar pukul 16.00 WIB Sumedang diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Mulai pukul 19.00 WIB hingga malam hari intensitas hujan kembali turun hingga berawan kembali pada pukul 22.00 WIB.

3. Waspada bencana hingga 8 Mei 2022

Banjir Bandang Sumedang, Tim SAR Bandung Berhasil Evakuasi 18 OrangIlustrasi tanah longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mengimbau masyarakat lebih waspada di tengah libur Lebaran. Sebab musim penghujan masih terjadi sehingga berpotensi menimbulkan bencana.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jabar Budi Juanda mengatakan, pada musim hujan, kata dia, bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, dan angin puting, serta bencana lain berpotensi menghambat perjalanan mudik.

Sementara itu, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat mencatat ada 87 titik rawan longsor (56 jalan provinsi, 31 jalan nasional) dan 30 titik rawan banjir (25 jalan provinsi, 15 jalan nasional).

Menurut Budi, hujan diprediksi masih akan turun dengan deras di wilayah pantura. Hal ini yang akan menyebabkan munculnya banjir akibat air laut meluap atau rob.

Baca Juga: Banjir Bandang di Sumedang Selatan, Satu Orang Terseret Arus Sungai 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya