Comscore Tracker

Angklung Udjo Lelang Aset, Harga Mulai Rp283 Ribu

Penjualan dengan cara lelang ternyata bisa dilakukan UMKM

Bandung, IDN Times - Saung Angklung Udjo melakukan lelang sejumlah barang melalui situs lelang.go.id. Setidaknya ada 13 barang yang terpajang di laman tersebut akan dilelang.

Mayoritas barang yang diperjualbelikan adalah angklung. Ada yang dilelang dalam bentuk satuan, ada juga yang bentuk orkestra atau beberapa unit angklung, dan alat lainnya.

Dikutip dari lama tersebut, unit angklung sarinade menjadi yang paling murah dengan harga lelang Rp283 ribu. Kemudian ada angklung TK dengan harga Rp850 ribu. Sementara paling mahal mencapai Rp13 juta, yaitu unit orkestra angklung.

1. Belum dipastikan apakah penjualan ini akibat pandemik COVID-19

Angklung Udjo Lelang Aset, Harga Mulai Rp283 RibuIDN Times/Istimewa

IDN Times coba mengkonfirmasi terkait penjualan ini kepada Direktur Utama Saung Udjo Taufik Hidayat melalui pesan singkat apakah penjualan ini terkait dengan kondisi pemasukan yang seret akibat larangan acara di Saung Udjo atau tidak. Namun pesan ini belum mendapatkan balasan. Taufik pun sudah dihubungi langsung, tapi sejauh ini belum merespons.

2. Lelang Saung Angklung Udjo ramai di media sosial

Angklung Udjo Lelang Aset, Harga Mulai Rp283 RibuIDN Times/Istimewa

Sebelumnya informasi penjualan barang secara lelang oleh Angklung Udjo sempat ramai di media sosial Twitter. Akun @speedymeter mengunggah daftar barang dari Udjo yang akan dilelang.

Namun unggahan ini mendapat banyak respons yang menilai bahwa laman lelang.go.id sekarang bisa digunakan untuk menjual barang baru milik UMKM. Artinya barang yang dilelang bisa saja bukan aset yang selama ini dimiliki atau dipakai.

"Jika memang demikian, bahwa Saung Angklung Udjo merambah website lelang.go.id untuk pemasaran produksi angklung mereka dan bisa membantu permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan, mungkin sekolah-sekolah atau instansi bisa membantu dengan membeli produk tersebut," kata akun ini dalam kolom komentar.

3. Penjualan ini ternyata sudah biasa dilakukan UMKM

Angklung Udjo Lelang Aset, Harga Mulai Rp283 Ribudjkn kemenkeu

Sementara itu, akun Direktorat Kekayaan Negara yang mendapat infromasi ini memastikan bahwa pihaknya memang mempersilakan UMKM untuk menjual barang secara lelang.

"Betul kak. Saat ini DJKN melalui kantor vertikalnya yaitu KPKNL, mendorong para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya melalui lelang. Ini dilakukan agar para pelaku UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas, sekaligus mendukung pemulihan ekonomi nasional," tulis akun @DJKN

Baca Juga: Angklung Udjo Terancam Bangkrut, Pemkot Bandung Tak Berikan Bantuan

Baca Juga: Kasus COVID-19 Menggila, Akankah Ekonomi Indonesia Lanjut Resesi?

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya