Comscore Tracker

40 Pegawai Sembuh dari COVID-19, WFH ASN di Gedung Sate Diperpanjang

Langkah ini untuk antisipasi penyebaran virus corona lagi

Bandung, IDN Times - Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Daud Achmad memastikan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan non-PNS yang berdinas di Gedung Sate akan tetap menjalankan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Daerah Jabar Nomor: 800/117/UM Tentang Penyesuaian Sistem Kerja bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Jabar.

"Saya dapat informasi bahwa Surat Edaran (SE) dari Sekda (Sekretaris Daerah) yang lama itu diperpanjang. Perpanjang untuk dua minggu ke depan kurang lebih. Intinya bahwa Gedung Sate menerapkan work from home," kata Daud melalui siaran pers, Sabtu (15/8/2020).

1. Berbagai fasilitas publik yang ada di Gedung Sate pun belum bisa diakses

40 Pegawai Sembuh dari COVID-19, WFH ASN di Gedung Sate DiperpanjangDok.IDN Times/Istimewa

Daud menuturkan, selain memerintahkan para pegawainya untuk bekerja dari rumah, sejumlah fasilitas umum yang ada di lingkungan Gedung Sate seperti masjid, command center, museum, dan kantin juga belum bisa dibuka untuk umum. Hal itu, demi meminimalisir penyebaran virus terulang.

"Sekarang masuk ke Gedung Sate lebih ketat. Yang masuk Gedung Sate diminta membawa surat keterangan bebas COVID-19 dari hasil PCR. Itu semata-mata untuk mensterilkan Gedung Sate dari hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya yang berhubungan dengan COVID-19," ucapnya.

2. Pegawai yang sempat positif siap kembali bekerja

40 Pegawai Sembuh dari COVID-19, WFH ASN di Gedung Sate DiperpanjangSeorang karyawan esensial memakai masker pelindung berjalan melewati tulisan 'Heroes Wear Masks' di Melbourne setelah menjadi kota pertama di Australia yang mewajibkan memakai masker pelindung di tempat umum sebagai upaya membatasi penyebaran penyakit virus korona (COVID-19), Australia, Kamis (23/7/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Sandra Sanders)

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Jabar Berli Hamdani mengatakan, 40 pegawai Gedung Sate yang dinyatakan positif beberapa waktu lalu kini sudah sembuh dan dinyatakan negatif berdasarkan hasil swab test terbaru. Meski dinyatakan sembuh, puluhan pegawai tersebut belum diizinkan kembali bekerja.

"Alhamdulillah, kalau dari 40 itu sudah sembuh. Hasil swab sudah negatif," ujar Berli melalui pesan singkat, Jumat (14/8/2020).

Berli menuturkan, 40 pegawai tersebut sudah menjalani beberapa tes dan hasilnya negatif. Menurutnya, hasil negatif dipengaruhi oleh daya tahan tubuh dari puluhan pegawai tersebut yang tergolong kuat.

"Para pegawai yang sudah sembuh belum kembali bertugas, Pemprov Jabar masih memberlakukan sistem work from home (WFH). Gedung Sate masih tutup," ungkapnya.

3. Sekda Jabar akui pegawai positif akibat kelonggaran masa PSBB

40 Pegawai Sembuh dari COVID-19, WFH ASN di Gedung Sate DiperpanjangIDN Times/Humas Bandung

Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja juga mengatakan, pada saat hasil swab test keluar, Pemprov Jabar langsung melakukan pendataan. Kemudian, berdasarkan data tersebut, diketahui bahwa mayoritas mereka adalah warga kota Bandung.

"Kami langsung lakukan demografi di mana mereka tinggal. Hasilnya, mayoritas di Kota Bandung. Jadi, data mereka harus masuk di kota tersebut, ini tidak seperti Secapa AD. Gedung Sate kan terbuka, tidak tertutup," ujarnya.

4. Ada 1.941 warga Jabar jalani isolasi dan perawatan mandiri COVID-19

40 Pegawai Sembuh dari COVID-19, WFH ASN di Gedung Sate DiperpanjangPelaksanaan swab test di RSUD Cibabat. (IDN Times/Bagus F)

Berdasarkan data terbaru kasus COVID-19 di situs PIKOBAR (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jabar) pada Jumat (14/8/30) pukul 17:00 WIB, 4.591 pasien sudah dinyatakan sembuh/selesai isolasi.

Jumlah terkonfirmasi positif COVID-19 yakni 8.275 orang, 3.449 pasien dalam isolasi/perawatan, dan 235 meninggal dunia. Sedangkan jumlah kontak erat yakni 30.166. Dari jumlah tersebut, 4.208 kontak erat masih karantina. Sementara jumlah suspek yakni 69.443 orang, dan 1.941 di antaranya dalam isolasi/perawatan.

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya