2.500 ASN Ikut Pekan Olahraga Pemprov Jabar

Dampak berolahraga bisa diimplementasikan di dunia kerja

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menyelenggarakan pekan olahraga untuk seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah daerah. Tak kurang dari 2.500 ASN tercatat akan ikut dalam 15 cabang olahraga yang diselenggarakan.

Ketua Penyelenggaraan pekan olahraga Pemprov Jabar, Danu Ahmad mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Korpri Provinsi Jabar. Tujuan dari pekan olahraga ini ada tiga. Pertama, untuk meningkatkan silaturahmi antara ASN di lingkungan Pemprov Jabar. Kedua, melalui aktivitas olahraga diharapkan para ASN bisa meniru hal positif dari kompetisi olahraga yakni sportivitas.

"Nilai luhur olahraga ini semoga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan juga saat berada di tempat kerja," ujar Danu dalam sambutannya pada pembukaan pekan olahraga, di GOR Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (23/4).

Kemudian yang terakhir, melalui kegiatan ini, ASN didorong untuk berolahraga demi menjaga kebugaran jasmani sehingga bisa mendukung kinerja pada saat bekerja di kantor.

1. Jadi ajang pencarian bakat

2.500 ASN Ikut Pekan Olahraga Pemprov Jabar

Danu menuturkan, selain jadi ajang menjalin silaturahmi di antara para ASN, pekan olahraga ini juga merupakan ajang untuk mencari bakat mereka yang handal berolahraga. Sebab dari kegiatan ini akan dicari bibit-bibit ASN yang akan diikutsertakan dalam ajang pekan olahraga ASN tingkat nasional.

"Kita akan ikut dalam penyelenggaraan Korpri nasional karena ini memang menjadi ajang tahunan," ujarnya.

Danu menyebut Pemprov Jabar sejauh ini sudah dua kali menjadi juara nasional, yakni pada 2013 saat kegiatan diadakan di Manado, dan pada 2017 di Yogyakarta. Harapannya tahun ini Jabar bisa kembali menjadi juara umum sehingga dapat meraih piala presiden.

"Kalau menang tiga kali nanti piala presiden bisa ada di Jabar," kata Danu.

2. Jabar harus juara lahir dan batin

2.500 ASN Ikut Pekan Olahraga Pemprov JabarIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang ikut meresmikan pekan olahraga ini mengatakan, Provinsi Jabar harus bisa menjadi salah satu acuan dalam berbagai kejuaraan termasuk olahraga. Sebab ini sesuai dengan visi Jabar yang harus juara lahir dan batin. Sehingga kejuaraan ini bukan hanya terkait dengan pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) saja, tapi juga pada bidang lainnya.

Emil, sapaan akrabnya, menuturkan terdapat tiga hal yang harus diperlihatkan para ASN sebagai abdi negara, yaitu benteng integritas, pelayanan masyarakat secara ikhlas, dan peningkatan profesionalitas.

"Tiga hal ini yang harus tampak dari luar, dan semua ini bisa dihasilkan dengan fisik yang bugar, sehat, dan kuat. Maka pekan olahraga ini sangat penting," ujar Emil.

3. Gunakan strategi untuk raih kemenangan

2.500 ASN Ikut Pekan Olahraga Pemprov Jabarunsplash.com

Dalam pekan olahraga ini, Emil pun menegaskan agar seluruh ASN tidak berlaku curang. ASN boleh menang asalkan memakai strategi yang baik dan bermain secara jujur.

"Itu nantinya bisa diterjemahkan ke dalam kehidupan agar semakin baik," ungkap Emil.

Menurutnya, ASN Jabar sejauh ini sudah cukup baik dalam menjalankan pemerintahan di daerah. Hal ini terbukti dengan berbagai penghargaan yang diterima. Bahkan sebentar lagi Pemprov Jabar pun akan mendapat penghargaan sebagai salah satu provinsi terbaik dalam penyelenggaraan di Indonesia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya