Ratusan TPS di KBB Masuk Kawasan Susah Sinyal

Sulitnya sinyal ancam perlambat penghitungan suara

Bandung Barat, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mencatat sebanyak 301, dari total 5.088 tempat pemungutan suara (TPS) di Pemilu masuk area blank spot atau susah sinyal. TPS yang tidak terjangkau jaringan internet hingga jaringan internet yang lemah itu tersebar di 11 kecamatan.

"Jumlahnya 301 TPS tersebar di 11 Kecamatan yakni di Gununghalu, Cipongkor, Sindangkerta, Cililin, Batujajar, Cihampelas, Cikalongwetan, Cipatat, Ngamprah, Padalarang, dan Cipeundeuy," kata Ketua KPU Bandung Barat, Ripqi Ahmad Sulaeman saat dikonfirmasi, Senin (12/2/2024).

1. TPS susah sinyal didapat berdasarkan hasil pemetaan

Ratusan TPS di KBB Masuk Kawasan Susah SinyalCinta Laura Kiehl (instagram.com/claurakiehl)

Dia menjelaskan, area TPS yang diketahui susah sinyal itu didapat setelah pihaknya melakukan pemetaan. Dirinya menjelaskan
Jaringan internet yang lemah ini berdampak pada proses rekapitulasi dan penghitungan surat suara yang dilakukan secara daring atau online.

Seperti diketahui pada Pemilu 2024 ini KPU menggunakan alat bantu Sistem Informasi Rekapitulasi Pemilu (Sirekap) untuk penghitungan suara dan Sistem Pengawasan Pemilihan Umum (Siwaslu) milik Bawaslu yang merupakan alat yang digunakan untuk menyediakan informasi terkait pemantauan seluruh proses pemilihan umum, mulai dari pemungutan suara hingga penghitungan suara dan penetapan hasil pemilu.

"Susahnya jaringan internet ini dampaknya ke petugas di lapangan. KPPS akan sulit akses Sirekap," ucap Rifqi.

2. KPU KBB bakal koordinasi dengan pihak terkait

Ratusan TPS di KBB Masuk Kawasan Susah Sinyal(Bangkit Rizki/IDN Times)

Untuk mengatasi permasalahan sinyal di ratusan TPS itu, KPU Bandung Barat akan berkoordinasi dengan Pemkab Bandung Barat dan provider untuk memperkuat sinyal hingga memperluas area jaringan internet. Rifqi mengatakan permasalahan itu sudah mendapat atensi langsung dari Pj Bupati Bandung Barat.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Pemda KBB dan mendapatkan atensi dari Pj Bupati Bandung Barat untuk didisposisikan ke Diskominfotik. Lalu yang saya tahu alur mekanismenya juga sudah dikoordinasikan dengan provider dari PT Telkom," ujarnya.

3. Pergeseran TPS jadi alternatif terakhir

Ratusan TPS di KBB Masuk Kawasan Susah Sinyal(Bangkit Rizki/IDN Times)

Jika penguatan dan perluasan sinyal itu sulit dilakukan, alternatif lain yakni memindahkan lokasi TPS ke area yang memiliki jaringan internet untuk memudahkan proses rekapitulasi. Pihaknya sudah menginformasikan hal tersebut ke PPK dan KPPS.

"Kalaupun memang pada akhirnya jaringan di beberapa wilayah masih ada yang blank spot, kami memiliki opsi kedua yakni mengimbau petugas KPPS bergeser ke wilayah yang memiliki jaringan," kata dia.

Baca Juga: Cuaca Ancam Partisipasi Memilih di KBB, Pj Bupati: Jangan Golput

Baca Juga: 6 TPS di Kota Cimahi dan KBB Rawan Bencana Alam

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya