Objek Wisata Lembang Siap Sambut Wisatawan Natal dan Tahun Baru 

Kunjungan wisatawan diharapkan meningkat

Bandung Barat, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat mempersiapkan objek wisata untuk menyambut para pengunjung yang akan menghabiskan libur natal dan tahun baru (nataru). Wisata di KBB diharapkan ramai meski sudah memasuki musim penghujan.

Persiapan yang dilakukan Pemkab Bandung Barat di antaranya ialah membenahi saluran di kawasan Pasar Panorama Lembang yang kerap diterjang banjir. Padahal, kawasan tersebut merupakan akses utama mobilisasi wisatawan di Lembang.

"Sekarang saya fokuskan di Lembang ini untuk memperbaiki saluran, jangan sampai tahun baru ramai hujan malah ada kondisi seperti itu (banjir)," ujar Arsan, Sabtu (9/12/2023).

1. Pemkab Bandung Barat sudah siapkan solusi

Objek Wisata Lembang Siap Sambut Wisatawan Natal dan Tahun Baru (Bangkit Rizki/IDN Times)

Untuk membuat pengunjung nyaman agar tidak terjebak banjir, Pemkab Bandung Barat
sudah memiliki solusi untuk mengatasi banjir di kawasan tersebut. Arsan sudah mengintruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang agar segera mengeksekusinya sehingga saat turun hujan tidak terjadi banjir yang bisa mengganggu mobilitas wisatawan saat libur nataru.

"Sudah ada solusi. Pokoknya sebelum nataru sudah selesai karena kami harus punya kebanggan nataru tidak ada banjir walaupun hujan," ujarnya.

Seperti diketahui kawasan jalan di Pasar Panorama Lembang kerap dijerang banjir saat hujan deras mengguyur. Meskipun sebelumnya sudah dilakukan perbaikan saluran atau drainase.

2. Disparbud KBB lakukan pemeriksaan

Objek Wisata Lembang Siap Sambut Wisatawan Natal dan Tahun Baru (Dok/Istimewa)

Sementara itu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB sudah melakukan pemeriksaan dan keamanan seluruh wahana objek wisata berisiko tinggi jelang libur nataru nanti. Kebijakan itu dilakukan guna mencegah kejadian pada wahana wisata seperti yang terjadi di sejumlah tempat.

"Pemeriksaan wahana ini sebagai bentuk pengawasan sekaligus pula pembinaan beberapa destinasi wisata dalam menghadapi libur nataru," kata Kepala Bidang Pariwisata pada Disparbud KBB David Oot.

David membeberkan, tupoksi pembinaan dan pengawasan Disparbud KBB berdasarkan pada Perda Penyelenggaraan Kepariwisataan dan Permenparekraf RI Nomor 4 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Pariwisata.

Dia mengatakan usaha pariwisata terlebih yang berisiko agar dilengkapi SOP dan juga pengawasan dalam operasional wahana. Pemeriksaan wahana wisata berisiko bersama pelaku wisata sebagai upaya untuk menjamin rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang akan berwisata ke Bandung Barat, khususnya daerah Lembang.

"Pembinaan dan pengawasan objek wisata ini merupakan tupoksi Disparbud KBB," ucap David.

3. Angka kunjungan belum bisa diprediksi

Objek Wisata Lembang Siap Sambut Wisatawan Natal dan Tahun Baru Instagram Situ Lembang

Untuk mengantisipasi hujan, lanjut David, objek wisata di KBB khususnya di wilayah Lembang yang jadi destinasi favorit akan menyediakan layanan tambahan berupa payung.

"Kalau antisipasi musim hujan sudah disediakan layanan tambahan free dengan peminjaman payung untuk wisatawan yang berkunjung, dan untuk wahana wisata saat hujan turun akan dihentikan sementara sambil menunggu hujan reda," ujarnya

Ia melanjutkan untuk sementara ini pemerintah belum bisa memprediksi jumlah kunjungan wisatawan yang akan menikmati libur nataru di KBB. Namun, David berharap wisata di wilayahnya tetap ramai meski sedang memasuki musim hujan.

"Kami masih mendata kunjungan tersebut dengan pihak pengelola destinasi dan juga angka okupansi hotel jelang nataru tahun ini," kata dia.

Baca Juga: Menengok Wajah Baru Alun-alun di Kawasan Wisata Lembang

Baca Juga: Viral Truk Bawa Rombongan Mahasiswa Terguling di Perkebunan Lembang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya