Comscore Tracker

Jadi Tersangka KPK, Penyakit Bupati Aa Umbara Masih Rahasia

Aa Umbara dirawat di RS Advent Bandung

Bandung Barat, IDN Times - Semenjak ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana dugaan korupsi Bansos COVID-19, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dikabarkan masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Advent, Kota Bandung.

Aa Umbara sutisna beserta anaknya Andri Wibawa absen saat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar perkara kasus korupsi pengadaan barang tanggap darurat pandemi COVID-19 Kabupaten Bandung Barat (KBB) tahun anggaran 2020 di gedung KPK, Kamis(1/4/2021).

KPK menetapkan tiga tersangka pada kasus korupsi Bansos COVID-19. Selain Bupati dan anaknya, KPK juga menetapkan seorang pengusaha Totoh Gunawan sebagai tersangka. Namun, Umbara dan anaknya nampak kompak beralasan sakit saat KPK mengumumkan statusnya ke publik. Tampak hanya satu tersangka saja yang muncul dihadapan publik yakni seorang pengusaha Totoh Gunawan.

1. Rumah sakit rahasiakan penyakit Aa Umbara

Jadi Tersangka KPK, Penyakit Bupati Aa Umbara Masih RahasiaIDN Times/Bagus F

Ketidakhadiran Bupati Aa Umbara Sutisna pun menjadi pertanyaan publik bagaimana dan di mana keberadaan polisi Partai Nasdem itu. Umbara dikabarkan tengah menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Advent.

Humas Rumah Sakit Advent, Indra Rantung membenarkan bahwa Aa Umbara berada dalam perawatan saat KPK mengumumkan status Umbara dalam kasus Bansos COVID-19. Disinggung terkait penyakit apa yang diderita Umbara, pihak rumah sakit memilih merahasiakan dan tak menyebutkan kepada awak media.

"Kami tidak dapat menyampaikan penyakit yang diderita pasien karena itu bersifat rahasia. Namun kondisi Aa Umbara kian membaik jika dibandingkan hari kemarin," ujar Indra, Jumat (2/4/2021).

2. Umbara dirawat saat ditetapkan tersangka oleh KPK

Jadi Tersangka KPK, Penyakit Bupati Aa Umbara Masih RahasiaIDN Times/Bagus F

Indra beralasan, kondisi Umbara saat ini sudah lebih baik dibanding hari sebelumnya. Pihak rumah sakit menjamin tim medis menjalankan kerja-kerja penanganan sesuai prosedur rumah sakit.

"Kita lakukan diagnosa dengan melaksanakan terhadap keluhan yang dialami pasien (Aa Umbara), itu upaya general yang kita lakukan kepada setiap pasien yang datang ke rumah sakit," paparnya.

3. KPK bakal panggil ulang Aa Umbara

Jadi Tersangka KPK, Penyakit Bupati Aa Umbara Masih RahasiaWakil Ketua KPK, Alexander Marwata (Dok. Humas KPK)

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyampaikan, KPK tidak bisa menghadirkan tersangka atas nama Aa Umbara dan Andri Wibawa saat ekspose lantaran keduanya beralasan sakit. Tim penyidik segera mungkin akan menjadwalkan ulang untuk pemanggilan dua tersangka tersebut.

"Tim penyidik akan melakukan penjadwalan dan pemanggilan ulang yang akan kami informasikan lebih lanjut dan mengingatkan agar para tersangka kooperatif hadir memenuhi panggilan dimaksud," ujarnya.

4. Sekda belum bisa komentar lebih jauh

Jadi Tersangka KPK, Penyakit Bupati Aa Umbara Masih RahasiaSekda KBB Asep Sodikin. (IDN Times/Bagus F)

Terpisah, Sekretaris Daerah KBB Asep Sodikin juga menyebutkan dirinya mendapat kabar bahwa Aa Umbara sedang sakit. Asep mendapat kabar itu kemarin sebelum ekspose kasus digelar KPK. Namun demikian, Asep tidak mengetahui penyakit apa yang diderita Aa Umbara.

"Dapat info itu sedang sakit di RS Advent. Belum sempat (menjenguk), karena baru dapat kabar juga. Kita enggak akan memberikan komentar karena bukan ranah kita. Mendoakan yang terbaik, kita lihat saja perkembangannya seperti apa karena ini baru tahu juga," ucap Asep.

Baca Juga: Ternyata Harta Aa Umbara Lebih Besar 3 Kali dari Edhy Prabowo

Baca Juga: Jadi Tersangka, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Dirawat di RS Advent

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya