Comscore Tracker

Hasil Pemeriksaan Kesehatan, Ratusan ASN Kota Cimahi Alami Obesitas

Porsi makan saat rapat, tidak sehat

Cimahi, IDN Times - Pemeriksaan kesehatan deteksi Penyakit Tidak Menular (PTM) tahun ini pada 683 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi, telah rampung dilaksanakan.

Dari pemeriksaan tersebut, tercatat sebanyak 235 ASN adalah perkokok berat, 350 ASN kurang aktifitas fisik, 410 ASN kurang mengkonsumsi sayur dan buah, 214 ASN mengalami kolesterol, 48 ASN mengalami tekanan darah di atas 140/90 mmHg, 32 ASN mengalami gula darah serta 186 ASN mengalami obesitas sentral.

Sekretaris Dinkes Kota Cimahi, Chanifah Listyarini mengatakan, hasil PTM tahun ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Kebanyakan ASN di lingkup perkantoran Pemkot Cimahi menjalankan pola makan yang tidak teratur sehingga menyebabkan obesitas dan sebagainya.

"Hasil yang kita laksanakan, ASN kita kebanyakan sudah mulai obesitas, kegemukan. Kemudian kurang makan buah dan sayur. Faktor risikonya juga koletserol mulai tinggi," kata Rini, Kamis (14/11).

1. Hasil PTM tahun lalu tidak jauh berbeda

Hasil Pemeriksaan Kesehatan, Ratusan ASN Kota Cimahi Alami ObesitasIDN Times/Bagus F

Dari data yang dihimpun Dinkes Kota Cimahi, hasil pemeriksaan PTM pada tahun sebelumnya juga tidak jahh berbeda dengan tahun ini. Pola makan ASN diduga masih menjadi sebab yang sama hingga mengakibatkan banyak ASN mengalami obesitas.

Hasil pemeriksaan tahun lalu, dari total 865 ASN yang diperiksa, sebanyak sebanyak 232 ASN adalah perokok, kurang aktifitas fisik 421 ASN, kurang sayur dan buah 385, kolesterol 119 orang, tekanan darah di atas 140/90 mmHg ada 124 ASN, gula darah 119 orang, serta obesitas sentral 292 orang.

2. ASN diimbau senam bugar 7 menit tiap hari

Hasil Pemeriksaan Kesehatan, Ratusan ASN Kota Cimahi Alami ObesitasDok. Humas Pemkot Cimahi

Menurut Rini, persoalan obesitas pada ASN musti segera diintervensi. Sebab, jika dibiarkan akan timbul penyakit lain dari pola makan yang kurang baik.

Salah satu upaya yang dilakukan Dinkes adalah dengan menerapkan program senam bugar atau stretching (peregangan). Setiap pukul 10.00 WIB, Dinkes Kota Cimahi akan mengumumkan melalui pengeras suara agar ASN di setiap ruangan untuk melakukan peregangan.

"Untuk pembiasaan, nanti setiap saat di ruangan masing-masing bisa membiasakan senam bugar 7 menit untuk menjaga kesehatan," ujar Rini.

3. Porsi makan setiap rapat tidak sehat

Hasil Pemeriksaan Kesehatan, Ratusan ASN Kota Cimahi Alami ObesitasCV Teras Rempah

Yang harus dilakukan ASN adalah menjaga pola makan. Seharusnya, lanjut Rini porsi makan berat dalam satu piring itu 30 persen karbohidrat (nasi), 30 persen protein, 20 persen lauk pauk dan 20 persen buah-buahan.

"Tapi ini pada praktiknya makanan yang disediakan pada waktu kita rapat saja tidak mengikuti, jadi akibtanya kegemukan semakin tinggi angkanya," tuturnya.

Untuk itu, Dinkes Kota Cimahi bakal bekerja sama dengan instansi terkait lainnya untuk melakukan sosialisasi kepada penyedia makanan agar makanan yang dibuat sesuai porsi sehat.

"Kami akan sosialisasi ke produsen makanan supaya menyediakan makanan yang dibutuhkan ASN," pungkasnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya