Comscore Tracker

Berpotensi Longsor, Doni Munardo Soroti Proyek Perumahan di Batujajar 

Longsor Sumedang cukup jadi pelajaran

Bandung Barat, IDN Times - Proyek pembangunan perumahan di Desa Giri Asih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi sorotan Pemerintah Pusat. Lokasinya yang berada di bawah lereng terhitung memiliki risiko cukup tinggi untuk terjadi longsor.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Munardo mengatakan, bukit di atas pemukiman warga di Kampung Cibeber Hilir di Desa Giri Asih, Kecamatan Batujajar, KBB itu memiliki potensi longsor dengan tingkat kemiringan cukup curam.

"Kebetulan beberapa hari yang lalu saya melintas di jalan dari Batujajar ke Cimahi melihat suatu kawasan yang seperti kita saksikan sekarang. Saya membayangkan jika ini tidak dilakukan upaya pencegahan kasusnya mungkin akan mirip seperti yang di Sumedang pada tanggal 9 Januari lalu," ujar Doni di Batujajar, Jumat (12/3/2021).

1. Belajar dari longsor Sumedang

Berpotensi Longsor, Doni Munardo Soroti Proyek Perumahan di Batujajar Kepala BNPB Doni Munardo. (IDN Times/Bagus F)

Belajar dari longsor Sumedang, Doni meminta agar Pemerintah Daerah harus memperhatikan kajian geologi terlebih dahulu sebelum mengizinkan proyek berjalan. Menurut Doni, kontur tanah di lokasi longsor Cimanggung, Sumedang tidak jauh berbeda dengan di Batujajar ini. Maka, langkah pencegahan ini dinilai penting demi menghindari bencana yang mengakibatkan korban jiwa.

"Longsor Sumedang lalu banyak memakan korban. Di mana longsor pertama korban sekitar 8 orang kemudian disusul longsor yang kedua mengakibatkan korban mencapai total 40 orang. Tentu kita mengalami suatu kehilangan luar biasa dan kita tidak ingin peristitiwa seperti itu terulang kembali," kata Doni.

2. Jangan sepelekan pakar

Berpotensi Longsor, Doni Munardo Soroti Proyek Perumahan di Batujajar Lokasi proyek perumahan di Desa Giri Asih, Kecamatan Batujajar, Bandung Barat. (IDN Tikes/Bagus F)

Doni meminta agar Pemerintah Daerah baik Pemprov Jabar maupun Pemkab Bandung Barat agar segera melakukan kajian di lokasi-lokasi serupa dengan melibatkan para pakar. "Jadi kalau sudah pakar yang berbicara, jangan ada pembangunan, ya karena mereka yang tahu," sebut Doni.

"Mereka bisa tahu bagaimana pondasi dan struktur tanah. Kita masyarakat umum jangan ngotot. Pakar itu setiap hari adalah melakukan kajian dan menyampaikan kajian. Ikuti apa yang di sampaikan pakar, kalau tidak ya korban akan berjatuhan," tegas Doni.

3. BNPB lakukan simulasi evakuasi jika terjadi longsor sewaktu-waktu

Berpotensi Longsor, Doni Munardo Soroti Proyek Perumahan di Batujajar Ilustrasi evakuasi bencana longsor. (IDN Times/Bagus F)

Melihat potensi bukit Gunung Palasari yang berada di belakang pemukiman warga, BNPB juga tak melakukan edukasi dengan menggelar simulasi evakuasi bencana. Dalam simulasi itu warga diajari bagaimana cara evakuasi jika bencana longsor di wilayah itu terjadi.

Jika ada hujan deras lebih dari 30 menit, warga diminta mewaspadai adanya longsor. Jika sudah terlihat tanda-tanda longsor, warga harus berlari mencari titik kumpul di sebuah lahan terbuka tanpa ada bangunan di kanan kiri.

"Kegiatan simulasi evakuasi ini dalam rangka menghadapi potensi tanah longsor. Kami dari pusat dari BNPB akan membantu daerah untuk melakukan dan menyelenggarakan latihan latihan evakuasi seperti ini supaya jangan sampai adanya korban berjatuhan karena kita tidak siap," tuturnya.

4. Pemda KBB bakal ikuti ahli geologi

Berpotensi Longsor, Doni Munardo Soroti Proyek Perumahan di Batujajar Sekda KBB Asep Sodikin. (IDN Times/Bagus F)

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat Asep Sodikin mengatakan, Pemda KBB bakal melakukan kajian ulang terhadap kelayakan pembangunan perumahan di bawah bukit Gunung Palasari, Desa Giri Asih ini. Asep menyebutkan, Pemda bakal mengikuti apapun arahan dari pakar geologi demi mengurangi risiko bencana.

"Kami akan mengundang ahli geologi untuk mengkaji bukit tersebut. Saya belum bisa bilang ini rawan atau enggak biarkan nanti ahli yang bicara," ucap Asep.

Baca Juga: Indonesia Rawan Bencana, Bagaimana Kesiapan Mitigasi di Daerah

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya