Comscore Tracker

Sempat Bertemu Menhub Budi, Ridwan Kamil Yakin Tak Tertular Corona

Emil mengingat bahwa ia tak bersentuhan dengan Menteri Budi

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan rasa prihatin atas informasi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang dinyatakan positif terjangkit virus corona (COVID-19). Informasi tersebut disampaikan oleh Istana pada Sabtu (14/3).

Meski demikian, Kang Emil sapaan akrabnya, membantah bahwa kejadian tersebut merupakan imbas dari proses penjemputan 69 anak buah kapal (ABK) Diamond Princess di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada Minggu (1/3) pukul 23:00 WIB.

Ketika itu, Menteri Budi dan Gubernur Emil memang sempat berada pada satu lokasi karena keduanya sama-sama mengikuti proses penjemputan 69 ABK Diamond Princess. Tak hanya mereka, ada pula pejabat lainnya seperti Kepala Polisi Daerah Jawa Barat, Inspektur Jendral Rudy Sufahriadi.

1. ABK Diamond Princess bersih Corona

Sempat Bertemu Menhub Budi, Ridwan Kamil Yakin Tak Tertular CoronaSuasana BIJB Kertajati dalam penjemputan WNI ABK Diamond Princess (IDN Times/Azzis Z)

Kang Emil mengatakan, ABK yang sudah dijemput oleh pemerintah dan diisolasi di Kepulauan Seribu telah bersih dan bebas dari infeksi virus corona.

"Media harus clear ya. Kalau mau dihubungkan dengan (penjemputan ABK) Diamond Princess, kita pakai logika saja. Ada tidak awak Diamond Pirncess yang positif? Semuanya negatif (COVID-19)," ujarnya saat ditemui di Gedung Pakuan, Minggu (15/3).

2. Argumentasi Budi Karya terpapar akibat penjemputan ABK Diamond Princess tidak tepat

Sempat Bertemu Menhub Budi, Ridwan Kamil Yakin Tak Tertular CoronaSuasana BIJB Kertajati dalam penjemputan WNI ABK Diamond Princess (IDN Times/Azzis Z)

Menurut Emil, jika ada argumen yang menyatakan bahwa Menhub Budi Karya Sumadi terinfeksi virus corona setelah melakukan perjalanan dari BIJB, sangat tidak relevan dan bisa dipatahkan.

"Jadi argumentasi itu gugur, kalau menghubungkan positifnya Menhub dengan Diamond Princess," ungkapannya.

3. Emil tidak bersentuhan secara fisik dengan Budi Karya

Sempat Bertemu Menhub Budi, Ridwan Kamil Yakin Tak Tertular CoronaSuasana BIJB Kertajati menjelang kedatangan WNI ABK Diamond Princess (IDN Times/Azzis Z)

Kang Emil menjelaskan, saat menghadiri proses kedatangan ABK Diamond Princess di BIJB, ia, Budi Karya, dan pejabat lainnya hanya memantau dari jarak jauh--sekira 500 meter. Ia pun membantah ada kontak fisik dengan Budi Karya.

"Dari magrib sampai malam, pak menteri (Perhubungan) hilir mudik ke Indramayu, ke pelabuhan. Sementara saya dan pak Doni Monardo di hotel, transit. Dan kami baru bertemu di detik-detik melihat (turunnya ABK Diamond Princess) dan press conference," katanya.

"Tidak ada perbincangan sedikit pun khususnya saya, tidak ada interaksi fisik sama sekali," tambahnya.

4. Emil akan periksakan diri

Sempat Bertemu Menhub Budi, Ridwan Kamil Yakin Tak Tertular Corona(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Meski begitu, Emil mengaku akan memeriksakan diri secara medis untuk memastikan kondisi kesehatannya. Namun, sejauh ini Emil belum tahu waktu yang tepat untuk memeriksa kesehatan tubuhnya.

"Sudah lewat 14 hari, tetapi atas nama kebaikan saya akan lakukan. Waktu dan teknisnya saya sampaikan," kata dia.

Baca Juga: [BREAKING] Ridwan Kamil: Ada 7 Warga Jawa Barat Positif Corona

Baca Juga: Sempat Disebut Negatif, Warga Cianjur Ternyata Meninggal karena Corona

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya