Comscore Tracker

Ridwan Kamil Diminta Tak Ikut Campur Musda KNPI Jabar

DPP KNPI menganggap Musda KNPI Jabar sudah melanggar aturan

Bandung, IDN Times - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) meminta Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil tidak ikut campur masalah musyawarah daerah (Musda) KNPI Jabar.

Haris Pertama, Ketua Umum DPP KNPI mengatakan, Emil harus mengerti bahwa DPD KNPI Jabar itu adalah subkordinasi dari DPP KNPI. Sehingga, tidak ada gubernur bisa mengatakan sah atau tidaknya sebuah musda.

"Yang berhak mengatakan sah atau tidak itu hanya DPP KNPI, jadi gubernur itu hanya diundang ataupun jadi keynote speaker. Jadi ga bisa gubernur bilang ini sah ini tidak, dia mau jadi gubernur apa mau jadi ketua KNPI?" ujar Haris, Senin (30/8/2021).

1. Pemilihan ketua KNPI Jabar telah melanggar aturan

Ridwan Kamil Diminta Tak Ikut Campur Musda KNPI JabarIDN Times/Istimewa

Emil sebelumnya menyatakan bahwa dirinya hanya akan mengakui ketua DPD KNPI Jabar berdasarkan hasil musda. Adapun hasil musda itu terpilih Ridwansyah Yusuf Achmad yang merupakan staf ahli Emil.

"Kalau memang bung Ridwansyah ini merasa sah oleh gubernur, ya dia bukan ketua KNPI, Gubernur Ridwan Kamil suruh aja dia ngaku jadi ketua KNPI. Ini kan menabrak konstitusi KNPI," ungkapannya.

2. Ridwan Kamil diminta memahami AD/ART KNPI

Ridwan Kamil Diminta Tak Ikut Campur Musda KNPI JabarIDN Times

DPP KNPI meminta Gubernur Jabar tidak memaksakan kehendak mengakui Ridwansyah Yusuf Achmad menjadi ketua KNPI Jabar. Menurut Haris, semua harus berdasarkan mekanisme organisasi.

"Mentang-mentang yang menang stafnya dia katakan sah. Suruh pak Ridwan Kamil belajar lagi AD/ART KNPI. Saya mengusulkan (Ridwan Kamil) kalau masih mengatakan sah, silahkan dia jadi ketua umum KNPI. Baru jadi bakal calon presiden aja sudah ego," katanya.

3. DPP KNPI telah membikin caretaker

Ridwan Kamil Diminta Tak Ikut Campur Musda KNPI Jabar ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Saat ini, DPP KNPI sudah membuat caretaker atau ambil alih jabatan DPD KNPI Jabar dengan dipimpin oleh Giofedi Rauf. Ke depannya musda KNPI Jabar akan digelar kembali dengan menentukan ketua terpilih.

"Jika (Ridwansyah Yusuf Achmad) masih dianggap sah oleh Gubernur Jabar, suruh gubernur itu buat perda dan ganti tuh KNPI jadi BUMD," ujar Haris.

4. DPP tidak mempermasalahkan Ridwansyah dengan status staf ahli Ridwan Kamil

Ridwan Kamil Diminta Tak Ikut Campur Musda KNPI JabarRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

DPP KNPI tidak mempermasalahkan Ridwansyah Yusuf Achmad mencalonkan diri meski jadi orang terdekat Emil. Hanya saja, Haris bilang, KNPI memiliki aturan untuk dilakukan setiap DPD KNPI di provinsi-provinsi.

"Kita ga masalah Ridwansyah itu stafnya atau bukan asal melalui mekanisme proses yang benar,. Tapi kalau tidak benar dia siapa memang? Memangnya Ridwan Kamil ketua umum KNPI?" kata dia.

Baca Juga: Ketua KNPI Jabar Ridwansyah Yusuf Achmad Tak Dapat Pengakuan

Baca Juga: Digelar Hari Ini, OKP Jabar Sepakat Musda XV KNPI Jabar Tidak Diundur

Baca Juga: OKP Minta DPP KNPI Tak Rusak Persatuan Pemuda Jabar

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya