Ridwan Kamil: Ada 20 Warga Jabar Terinfeksi Virus Omicron! 

20 orang ini sudah masuk karantina di wilayah Jakarta

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil menyatakan ada sebanyak 20 warga Jabar terinfeksi Omicron. Puluhan orang ini diketahui positif varian baru itu di batas negara atau bandara.

"Hari ini tercatat warga Jabar yang datang dari luar negari, kemudian dikarantina, dan diketahui terinfeksi Omicron ada 20 orang. Jadi ini breaking news," ujar Emil, Senin (3/1/2022).

1. Kasus ini bukan transmisi lokal

Ridwan Kamil: Ada 20 Warga Jabar Terinfeksi Virus Omicron! ilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebanyak 20 orang yang terinfeksi Omicron dipastikan bukan dari transmisi lokal. Emil mengungkapkan, warga Jabar yang positif Omicron diketahui setelah puluang dari perjalanan luar negeri. Sehingga, Ia memastikan belum ada kasus penularan lokal.

"Tidak di level komunitas, semuanya tersisir di batas negara yaitu di bandara, KTP-nya tercatat warga Jabar. Omicron belum ada di tanah Jabar, per-hari ini. Tapi, yang KTP Jabar sekarang dikarantina di Jakarta ada 20 orang. Kira-kira begitu," ucapnya.

2. Kasus Jabar berbeda dengan Jatim

Ridwan Kamil: Ada 20 Warga Jabar Terinfeksi Virus Omicron! Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Hingga saat ini, dikatakan Emil, penyebaran Omicron rata-rata terjadi pada orang yang sudah bepergian dari luar negeri. Sehingga, hal itu membuat kasus wilayah Jabar berbeda dengan Jawa Timur.

"Kalau di Jatim dari Bali terus masuk Surabaya. Per-berita saya terima, Jabar tidak begitu. Banyak betul 20, tapi tidak beredar di komunitas, masih beredar di karantina Jakarta," katanya.

3. Pemprov Jabar telah siapkan kemungkinan terburuk dari Omicron

Ridwan Kamil: Ada 20 Warga Jabar Terinfeksi Virus Omicron!  ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Dengan adanya kasus ini, Emil mengatakan bahwa Pemprov Jabar akan pro-aktif dalam melakukan penanganan dan pencegahan Omicron agar tidak masuk ke transmisi lokal dan menyebar ke beberapa masyarakat lain.

"Kami bersama komite, melakukan perhitungan 14 hari pasca natal dan tahun baru, kami asumsikan jika ada berita buruk seperti apa. Maka, Per-oksigenan semua disiapkan, pokoknya semua diulanglah seperti varian delta," kata dia.

Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Jabar menyatakan bahwa ada warga Kabupaten Indramayu positif Omicron. Pasien kini tengah menjalani karantina di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.

"Kalau Varian Omicron, saat ini ada pasien penduduk Jabar yang baru pulang dari Saudi Arabia positif Omicron-nya, dan masih melaksanakan islolasi di Jakarta," Ujar Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Jabar, Dewi Sartika, Senin (3/1/2022).

Baca Juga: IDI Jabar Minta Pemprov Jabar Perhatikan Pasokan Oksigen Rumah Sakit

Baca Juga: Omicron Masuk Indonesia, Apa Strategi Satgas COVID-19 Jabar?

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya