Respons Bomber Usai Ridwan Kamil Janji Akan Mencintai Persija

Persib jangan sampai dilupakan

Bandung, IDN Times - Bobotoh Maung Bandung Bersatu (Bomber), kelompok suporter Persib Bandung, memberikan respons usai mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kami menyatakan akan mencintai Persija bila terpilih menjadi Gubernur di DKI Jakarta.

Ketua Bomber, Dian Purnama mengatakan, apa yang diucapkan oleh Ridwan Kamil merupakan hal yang wajar, sebab politisi Partai Golkar itu kini berstatus sebagai bakal calon kepala daerah di Pilgub Daerah Khusus Jakarta.

Hanya saja, pria yang akrab dengan sapaan Apin ini berpendapat, agar sepak bola dapat dipisahkan dari panggung politik.

"Keun mereunnya (tidak apa-apa) kalau mau maju di DKI Jakarta tapi harus dipisahkan antara politik dan persepak-bolaan, harapan pribadi, dan Bomber," ucap Apin, dikutip Selasa (13/8/2024).

1. Anggap wajar pernyataan Ridwan Kamil

Respons Bomber Usai Ridwan Kamil Janji Akan Mencintai PersijaRidwan Kamil (kanan) bersama Jusuf Hamka (kiri) usai menemui Ketum Golkar, Airlangga Hartarto, 8 Agustus 2024. (IDN Times/Santi Dewi)

Menurutnya, sudah seharusnya seorang pemimpin dapat mencintai dan mendukung tim daerahnya. Selain itu, Persija menurutnya sama dengan Persib yang tidak bisa dilepaskan dari Provinsi Jawa Barat.

"Eta mah nggeus moal leupas (itu sudah tidak bisa dilepaskan) mau tidak mau seorang Gubernur harus mencintai tim daerahnya, engke di-bully mereunnya lamun teu ngadukung (nanti dibully kalau tidak mendukung)," tuturnya.

2. Persib jangan sampai dihilangkan

Respons Bomber Usai Ridwan Kamil Janji Akan Mencintai PersijaKompas.com

Lebih lanjut, Apin mengharapkan agar Ridwan Kamil tetap mendukung Persib, terlebih status Emil sebagai warga sekaligus mantan Gubernur Provinsi Jawa Barat. Sehingga hal itu tidak bisa dilepaskan begitu saja.

"Hatena mah kudu atuh (Hatinya mah harus) biarpun nanti secara otomatis, mau tidak mau harus mencintai Jakarta," kata dia.

3. Ridwan Kamil janji mencintai Persija jika terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta

Respons Bomber Usai Ridwan Kamil Janji Akan Mencintai PersijaMantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (IDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berjanji akan mencintai warga Jakarta dan seisinya. Termasuk tim sepak bola Jakarta, Persija Jakarta dan pendukungnya, The Jakmania.

"Kalau kita datang ke sebuah rumah (baru), kita akan mencintai seisinya kan? Dulu saya ketika di Bandung, mencintai Bandung dengan seisinya. Ada di Jawa Barat, mencintai Jawa Barat dan seisinya. Kalau saya ke Jakarta, saya akan mencintai Jakarta dengan seisinya," kata dia di Jakarta, Jumat (9/8/2024).

"Saya akan mencintai semua, termasuk The Jak dan Persija. Itu mah rumus dan tata krama bagi orang yang ingin masuk ke rumah baru," katanya.

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Bandung itu mengaku siap melawan siapapun di Pilkada Jakarta. Termasuk melawan Anies Baswedan yang memiliki elektabilitas tertinggi saat ini di Jakarta.

"Oh, saya siap. Ketika ikut Pilwalkot, saya melawan delapan pasang (calon). Waktu di Pilgub Jabar lawan empat pasang (calon). Saya siap melawan siapa pun di Jakarta," kata Emil.

Seandainya ia nanti tidak terpilih di Jakarta pun, Kang Emil mengaku tak mempermasalahkan. Ia mengatakan bisa bermanfaat di bidang lain.

"Saya kan bukan pengangguran. Saya bisa bekerja di bidang lain. Jadi dosen bisa,  isnis kopi, skin care dan lain-lain," imbuhnya.

Baca Juga: PWNU Jabar Minta Polisi Usut Tuntas Penyerangan Kiai di Karawang

Baca Juga: DPRD Jabar Kritik Aturan Sediakan Kondom Bagi Pelajar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya