Comscore Tracker

Polisi Militer Bandung Tindak Pemilik Pelat Mobil TNI Bodong

Kasus ini viral di media sosial TikTok dan Instagram

Bandung, IDN Times - Detasemen Polisi Militer (Denpom) III/5 Bandung menindak tegas seorang perempuan, Rofa Humainah Qohinor, pemilik pelat mobil dinas TNI bodong yang viral di media sosial TikTok.

Komandan Denpom III/5 Bandung Letkol Pamungkas menerangkan, Rofa Humainah Qohinor diamankan oleh petugas di kediamannya kawasan Batununggal, Kota Bandung pada Rabu (3/3/2021) malam.

"Dengan adanya video viral kemarin, ada perintah dari panglima TNI untuk mengusut tuntas menangkap dan kalau ada anggota TNI yang terlibat supaya diproses," ujar Pamungkas saat ditemui di Markas Denpom III/5 Bandung, Jalan Jawa, Kamis (4/3/2021).

1. Ada satu orang yang masih dalam pencarian TNI

Polisi Militer Bandung Tindak Pemilik Pelat Mobil TNI BodongUnsplash

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan dan pemeriksaan saksi juga tersangka, Pamungkas mengatakan, Rofa mendapatkan pelat dinas TNI hasil dari membeli pada sodara Aji Nugraha yang kini menjadi buronan.

"Aji Nugraha alamat belum jelas, ini sedang kita lacak dan kejar. Kalau ditangkap kita proses. Aji Nugraha ini temannya Rofa katanya konsultan hukum," ungkapnya.

2. Ditindak tegas agar tidak menjadi citra buruk

Polisi Militer Bandung Tindak Pemilik Pelat Mobil TNI BodongPelat nomor mobil sedan diduga milik Kopasus TNI dan viral di media sosial (Tangkapan layar www.instagram.com/@lambe_turah)

Dari pemeriksaan dan penyelidikan sejumlah saksi, Pamungkas menuturkan, tidak ditemukan keterlibatan anggota TNI dari kasus pemalsuan atau penggunaan pelat dinas tidak sesuai peruntukannya ini.

"Kasusnya beserta barang bukti dilimpahkan ke Polrestabes. Kita tindak tegas karena ini bisa jadi citra buruk. Kita harus tindak," ucapnya.

3. Polisi menerima berkas pelimpahan dari Denpom III/5 Bandung

Polisi Militer Bandung Tindak Pemilik Pelat Mobil TNI Bodongnulis.co.id

Dihubung terpisah, Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Adanan Mangopang mengatakan, kasus ini sudah dalam penanganan polisi. Proses pelimpahan berkas dilakukan pada malam hari.

"Proses hukumnya berjalan, nanti penyidik yang menentukan mau ditahan atau tidak. Tetapi yang pasti proses hukum kita tetap proses," katanya.

4. Sebelumnya pelaku membuat video dan viral di media sosial

Polisi Militer Bandung Tindak Pemilik Pelat Mobil TNI Bodongp2tel.or.id

Seperti diketahui, Rofa Humainah Qohinor videonya viral di media sosial di Tiktok dan Instagram. Dalam video itu Rofa melihatkan mobil sedan bernomor 3423-00 dengan logo pelat sepintas menyerupai Korps Pasukan Khusus (Kopassus).

Video itu menjadi perbincangan warganet karena selain digunakan warga sipil, si perekam juga memamerkan ke publik. 

"Dari pelat nomor (mobil) sudah tahu dong suami saya siapa? Jadi, kalau untuk suami Anda yang gak tahu asal-usulnya, saya sarankan jangan, dan saya juga gak kenal sama dia," ungkap perempuan yang merekam video tersebut yang diunggah oleh akun @lambe_turah.

Baca Juga: Begini Cara Mengecek Pelat Nomor Mobil Dinas Pejabat 

Baca Juga: Daftar 10 Mobil Terlaris Sepanjang 2020, Comeback-nya Mobil Hatcback?

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya