Comscore Tracker

Polda Jabar Turut Selidiki Oknum Pelucutan Bendera di Garut

Oknum pelucutan bendera diminta segera serahkan diri

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah Jawa Barat turut membantu Polres Garut dalam menyelidiki kasus video viral tentang pelucutan bendera merah putih yang dipasang dalam memperingati HUT ke-75 RI oleh seorang oknum di Wanaraja, Garut, Jawa Barat.

Aksi pelucutan bendera tersebut viral di media sosial. Dalam video yang diketahui IDN Times, ada tiga sampai empat orang menggunakan pakaian serbahitam berjalan di sekitar lokasi, kemudian dua orang tersebut mencabut bendera dengan cara menariknya hingga putus.

1. Penyelidikan dibantu Polda Jabar

Polda Jabar Turut Selidiki Oknum Pelucutan Bendera di Garut(Tangkapan Layar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A. Chaniago mengatakan, dalam kejadian ini Polda Jabar turut membantu Polres Garut untuk mengungkap oknum pelucutan bendera merah putih yang videonya viral di media sosial.

"Kita sedang melakukan penyelidikan bersama antara polda dengan polres. Jadi mohon waktunya kita sedang melakukan penyelidikan," ujar Erdi saat dihubungi, Minggu (23/8/2020).

2. Masyarakat diminta tenang dan tidak terprovokasi

Polda Jabar Turut Selidiki Oknum Pelucutan Bendera di Garut(Tangkapan Layar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Erdi menuturkan, dalam keadaan saat ini, masyarakat diminta tetap tenang dan tidak terpancing untuk membuat keadaan tidak kondusif. Saat ini pihak kepolisian akan menangani kasus tersebut dan berjanji untuk segera mengungkapkannya.

"Masyarakat tetap tenang bahwa ini sudah ditangani serius karena ini merupakan perhatian yang sangat serius dari kami Polda Jabar maupun Polres Garut," tuturnya.

3. Polisi sudah amankan CCTV didekat TKP

Polda Jabar Turut Selidiki Oknum Pelucutan Bendera di Garutfreepik.com/rawpixel

Lebih lanjut, Erdi mengatakan, oknum yang melakukan perbuatan tersebut ada baiknya segera menyerahkan diri dan memberikan klarifikasi atas perbuatannya. Klarifikasi, kata dia, bisa dilakukan di polsek terdekat atau ke Polres Garut.

"Untuk sementara, kita menunggu yang bersangkutan untuk segara klarifikasi apa yang dilakukan berdasarkan yang kita lihat di CCTV, ya," katanya.

4. Beberapa saksi sudah dimintai keterangan

Polda Jabar Turut Selidiki Oknum Pelucutan Bendera di GarutPixabay/Pexels

Rekaman CCTV saat ini memang sudah dikantongi polisi. Selain itu, beberapa saksi juga sudah turut diminta keterangan atas pencurian bendera merah putih tersebut.

"CCTV sudah kita amankan, kita melakukan penyelidikan lebih lanjut, saksi sudah beberapa yang kita mintai keterangan ya terkait dengan pemiliknya yang merasa kehilangan bendera merah-putih tersebut," kata dia.

Berdasarkan data yang dihimpun, salah satu pemilik bendera tersebut adalah H. Sobari (65 tahun). Bendera dipasang dalam memperingati HUT ke-75 RI. Aksi pencabutan terjadi pada Kamis (20/8) sekitar pukul 03.37 WIB. Selain milik H. Sobari, terdapat dua bendera lainnya yang dicabut.

Baca Juga: Produksi Vaksin Corona, Polda Jabar Berikan Pengamanan PT Bio Farma 

Baca Juga: Polda Jabar Selidiki 13 Kasus Dugaan Penyelewengan Dana Bansos Corona 

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya