Comscore Tracker

Polda Jabar Belum Temukan Markas Besar Sunda Empire

Sunda Empire terdaftar di Kesbangpol Subang

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) mengaku belum mengetahui pasti di mana markas besar kelompok Sunda Empire-Earth Empire. Meskipun, berdasarkan informasi dari Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung, kelompok ini pernah terdaftar di Kabupaten Subang.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga mengungkapkan, kepolisian masih mencari keberadaan organisasi Sunda Empire-Earth Empire di wilayah Jabar.

"Kami masih menelusuri secara jelas keberadan Sunda Empire," ujar Erlangga kepada IDN Times, Minggu (19/1).

Baca Juga: Setelah Heboh Kerajaan Agung Sejagat, Kini Viral Negara Sunda Empire

1. Sunda Empire Terdaftar di Kesbangpol Subang sebagai Ormas

Polda Jabar Belum Temukan Markas Besar Sunda EmpireDok. IDN Times/Istimewa

Saat disinggung mengenai keberadan Sunda Empire sudah terdaftar di Kasbangpol Kabupaten Subang sejak 2015 berdasarkan Nomor 225 -32-12/18/IV /2015. Erlangga belum memberi tanggapan lebih. Dia hanya menyampaikan pihak kepolisian masih mendalami kasus tersebut.

"Sampai saat ini masih di dalami," katanya.

Baca Juga: Markas Kelompok Sunda Empire Diduga Berada di Subang

2. Kesbangpol Kota Bandung ikut mencari Sunda Empire

Polda Jabar Belum Temukan Markas Besar Sunda EmpireDok. IDN Times/Istimewa

Pemerintah Kota Bandung turut mencari keberadaan kelompok Sunda Empire-Earth Empire yang mengaku sebagai negara. Pengakuan ini sempat viral di media sosial beberapa hari lalu.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Masyarakat, Kesbangpol Kota Bandung, Inci Dermaga menyebutkan, terus melakukan koordinasi dengan Kesbangpol Kabupaten Subang untuk mencari keberadaan Sunda Empire.

"Dari informasi yang kami dapatkan kemungkinan di daerah subang. Kita juga sedang telusuri, koordinasi dengan Kesbangpol Kabupaten Subang," ujar Inci. 

Baca Juga: Viral di Medsos, Polisi Dalami Kekaisaran Sunda Empire di Bandung

3. Sunda Empire telah terdaftar sejak 2015

Polda Jabar Belum Temukan Markas Besar Sunda Empire(Tangkapan layar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Inci menyebutkan, informasi kelompok ini sudah terdaftar di Kesbangpol Subang sejak 2015 berdasarkan Nomor 225 -32-12/18/IV /2015. Namun, Inci mengaku masih melakukan koordinasi dengan Kesbangpol Kabupaten Subang guna mengecek kebenaran organisasi tersebut karena pernah melakukan kegiatan di Bandung.

"Kita juga sedang telusuri, koordinasi dengan Kesbangpol Kabupaten Subang. Kegiatan mereka ini dilakukan beberapa tahun kebelakang dari tahun 2017, 2018 di Bandung," ujar dia.

4. Beberapa kali melakukan kegiatan di Kota Bandung

Polda Jabar Belum Temukan Markas Besar Sunda Empire(Tangkapan Layar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Inci menyebutkan, kelompok Sunda Empire itu pernah melakukan beberapa kali kegiatan di Kota Bandung pada 2017 hingga 2018. Salah satu kegiatan yang mereka lakukan berada di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang berada di kawasan Ledeng.

"Betul melakukan kegiatan di salah satu ruangan di UPI dan sempat berfoto di depan Isola Resort UPI," ungkap dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya