Pemprov Jabar Klaim Stok Beras Aman hingga Akhir Tahun 2023

Bulog Jabar pastikan stok beras ada 133.000 ton

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan stok beras aman hingga akhir 2023. Stok di gudang Bulog Jawa Barat dipastikan masih bisa memenuhi kebutuhan beras untuk 27 kabupaten dan kota. 

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) persediaan beras masih dalam kondisi aman. 

"Barusan kami melaksanakan rapat terkait inflasi dan kenaikan harga beras. Pertama, cadangan beras aman untuk Provinsi Jawa Barat," kata Bey di Gedung Sate, Senin (18/9/2023). 

 

1. Sejumlah program bantuan akan tetap diberikan

Pemprov Jabar Klaim Stok Beras Aman hingga Akhir Tahun 2023ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Meski masih dalam kondisi aman, Bey menjelaskan, Pemprov Jabar akan melakukan beberapa program bantuan pada masyarakat. Salah satunya, gelar pangan murah. Namun ada juga bantuan dari pemerintah pusat.

"Untuk mengatasi kenaikan harga ini, kami akan mengadakan operasi pasar murah, gelar pangan murah, dan ditambah juga dengan bantuan pangan yang sudah diutus oleh Bapak Presiden," katanya.

2. Stok beras di gudang Bulog ada 133 ribu ton

Pemprov Jabar Klaim Stok Beras Aman hingga Akhir Tahun 2023ilustrasi stok beras (IDNTimes/Holy Kartika)

Kepala Kantor Wilayah Badan Urusan Logistik (Kanwil Bulog) Jawa Barat, Muhammad Attar Rizal memastikan, ketersediaan atau stok beras tergolong masih tunggi. Sehingga jelang akhir tahun dan menyambut tahun baru akan aman, dan tidak kekurangan.

"Sekarang stok beras kita itu ada 133.000 ton artinya cukup besar," ujar Attar di Gedung Sate, Bandung, Senin (18/9/2023).

3. Stok beras di gudang Bulog akan terus bertambah

Pemprov Jabar Klaim Stok Beras Aman hingga Akhir Tahun 2023Ilustrasi beras Bulog. IDN Times/Hendra Simanjuntak

Attar memastikan, stok ini juga akan diberikan penambahan dalam beberapa waktu ke depan. Sebab, Bulog memiliki beberapa titik incaran pertanian masyarakat di Jawa Barat yang akan panen dalam waktu dekat ini.

"Kita terus topup nanti seiring ada panen di beberapa spot kalau memang harganya masuk untuk PSO kita masukan untuk cadangan beras pemerintah, kalau tidak kita akan ambil dari sisi lain sisi bisnisnya," katanya.

Meski begitu, Kanwil Bulog Jawa Barat dipastikannya akan terus berupaya melakukan penyerapan beras hasil panen dari masyarakat. Adapun dengan stok 133.000 ton pihaknya menjamin akan cukup sampai 3-4 bulan ke depan. Namun stok dipastikan bertambah dari penyerapan dan juga alokasi impor.

"Tetap kita serap, serapan tertinggi ada di Jawa Barat, itu sudah ada 204.000 ton selama Januari. Ini terus kita top up, nanti akan masuk lagi dari LN (beras impor) dan akan kita topup lagi kalau ada panen raya," kata dia.

Baca Juga: Mendag Klaim Stok Beras Aman, Harga Mulai Turun

Baca Juga: El Nino Mengancam, Bulog Lampung Jamin Stok Beras hingga Akhir 2023

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya