Nilai Kurban Iduladha 2023 di Jabar Capai Rp2,3 Triliun

Ada peningkatan sampai Rp153 miliar dibandingkan tahun lalu

Bandung, IDN Times - Nilai hewan kurban Iduladha 2023 di Jawa Barat (Jabar) mengalami peningkatan Rp153 miliar dibandingkan tahun lalu. Total nilai hewan kurban Iduladha dari seluruh kabupaten dan kota yang ada di Jabar pada tahun ini mencapai Rp2,3 triliun.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi mengatakan, jumlah Rp2,3 triliun ini diketahui berdasarkan data dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) se-Jawa Barat.

"Alhamdulilah dengan kebaikan dan kepedulian masyarakat di Jawa Barat, nilai kurban tahun ini meningkat menjadi Rp2.376.280.808.352. Karena kita tahu, bahwa tahun lalu itu Rp2.224.220.162.333," ujar Dedi, Sabtu (1/7/2023).

1. Beberapa masyarakat ada yang berkurban di tanah suci Makkah

Nilai Kurban Iduladha 2023 di Jabar Capai Rp2,3 Triliun(Istimewa)

Untuk hewan kurban di Jabar selama Iduladha 2023 tercatat ada sebanyak 502.553 ekor. Peningkatan nilai hewan kurban itu, kata Dedi, merupakan tanda bahwa perekonomian mulai bangkit setelah pandemik COVID-19 berakhir.

"Untuk tahun ini juga kan banyak masyarakat Jabar yang berkurban di luar Jabar atau di tanah suci karena hari ini ada juga yang sedang menjalankan ibadah haji," katanya.

2. Seluruh daging hewan kurban dikirimkan hingga pelosok desa

Nilai Kurban Iduladha 2023 di Jabar Capai Rp2,3 Triliunilustrasi hewan kurban (IDN Times/Aditya Pratama)

Seluruh hewan kurban telah disembelih sesuai aturan dan dibagikan ke desa-desa hingga pelosok yang bahkan jarang merasakan berkurban. Sebab, Iduladha ini dikatakannya, menjadi ajang berbagi dengan sesama. Hal ini sebagaimana Nabi Ibrahim AS mengorbankan hewan kepada Allah SWT.

"Dengan berbagi, kita dapat mengulurkan tangan kepada mereka yang membutuhkan, mengurangi kesenjangan sosial, dan meningkatkan solidaritas sosial di tengah masyarakat," katanya.

3. Ridwan Kamil pastikan ekonomi setelah pandemik COVID-19 mulai bangkit

Nilai Kurban Iduladha 2023 di Jabar Capai Rp2,3 TriliunGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil alias Emil mengatakan, pada momentum Iduladha 2023 ini perekonomian masyarakat mulai bangkit, dari peningkatan nilai kurban hingga zakat dan beberapa sektor lainnya.

"Kami laporkan ekonomi umat muslim jawa barat yang jumlahnya 46 juta meningkat pesat ya. Terjadi kenaikan jumlah nilai kurban meningkat dibanding tahun lalu, kita Rp152 miliar perbedaannya," ujar Emil pada Kamis (29/6/2023).

Emil memastikan, adanya peningkatan itu menandakan bahwa perekonomian di masyarakat setelah pandemik COVID-19 kini mulai bangkit.

"Kemudian juga, zakat yang dikelola 2022 sekitar Rp2,4 triliun, baru sampai Juli sekarang sudah Rp3,4 triliun, sehingga diprediksi di akhir Desember akan terdapat pengumpulan dana zakat dan lainnya yang dikelola senilai Rp3,7 triliun," kata dia.

Baca Juga: DKPP Jabar Temukan 6.000 Kasus Cacar Sapi Jelang Idul Adha 2023

Baca Juga: Salat Iduladha di Masjid Raya Al Jabbar, Ridwan Kamil Pamit

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya