Comscore Tracker

Masuk Usulan Capres dari PAN, Ridwan Kamil: Kerja Mendorong Elektoral

Ridwan Kamil sambut baik usulan dari PAN

Bandung, IDN Times - Nama Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil turut masuk dalam daftar usulan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024. Atas hal ini, orang nomor satu di Jabar ini turut memberikan tanggapan positif.

Menurutnya, apa yang sudah dilakukan oleh PAN dalam membuat usulan nama calon presiden dan wakil presiden turut diapresiasi. Dia juga mengucapkan terima kasih atas dirinya yang disebut layak ada di Pilpres 2024.

Meski begitu, Emil hanya menanggapi kabar baik ini dengan singkat. Dia juga enggan berkomentar lebih jauh mengenai dirinya yang mengutamakan maju dalam kontestasi Pilpres 2024 atau Pilgub Jabar.

"Iya saya kira saya mengucapkan terima kasih kalau memang ada apresiasi, dan bagaimanapun juga kerja mengurusi rakyat biasanya berbanding lurus dengan apresiasi dan elektoral juga. Selalu diaminkan," ujar Emil, Selasa (30/8/2022).

1. PAN buat tiga klaster calon presiden 2024

Masuk Usulan Capres dari PAN, Ridwan Kamil: Kerja Mendorong ElektoralIlustrasi. Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno [tengah]. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Untuk diketahui, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengumumkan sejumlah nama yang direkomendasikan oleh kader PAN di seluruh Indonesia di dalam rakernas ke-3 pada Sabtu, (27/8/2022) untuk diusung menjadi bakal capres. Pria yang akrab disapa Zulhas itu mengelompokan nama bakal capres itu ke dalam tiga klaster.

Klaster pertama KIB (Koalisi Indonesia Bersatu), klaster kedua teknokrat dan klaster ketiga adalah kepala daerah.

"Nama pertama, saya sendiri, Zulkifli Hasan. Nama kedua, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, nama ketiga, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa dan nama keempat adalah Ketua DPP PDI Perjuangan, Ibu Puan Maharani. Itu yang berasal dari klaster politik," ungkap Zulhas ketika membacakan klaster pertama nama bakal capres PAN untuk pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

2. Ridwan Kamil masuk klaster kepala daerah

Masuk Usulan Capres dari PAN, Ridwan Kamil: Kerja Mendorong ElektoralKetua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas saat berpidato dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PAN, Selasa (31/8/2021). (dok. PAN)

Namun, respons kader PAN terdengar menyoraki Puan ketika namanya dibacakan oleh Zulhas. Sementara, untuk klaster teknokrat ada nama Menteri BUMN Erick Thohir. Di klaster ketiga yakni empat kepala daerah.

Klaster kepala daerah, satu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Kepala daerah kedua, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa," tutur Zulhas memaparkan yang disambut tepuk tangan meriah.

Respons kader PAN terlihat berbeda ketika menyambut sejumlah nama kepala daerah dibandingkan dengan nama bakal capres dari klaster politik. Menyikapi sejumlah nama itu, Zulhas selaku ketua umum yang bakal menentukan sikap.

3. Usulan masih, belum mengerucut ke pasangan presiden

Masuk Usulan Capres dari PAN, Ridwan Kamil: Kerja Mendorong ElektoralKetua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas saat berpidato dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PAN, Selasa (31/8/2021). (dok. PAN)

Ia menegaskan sembilan nama yang disebut malam ini belum keputusan final dari PAN. "Ini kan baru sekedar usulan dari kabupaten/kota disampaikan ke wilayah. Wilayah menyampaikan ke rakernas ini. Dibagi ke sejumlah klaster, pertama KIB, tentu ketiga (ketum) masuk. Ketua Umum PAN, PPP dan Golkar direkomendasikan oleh pimpinan wilayah kepada rakernas," tutur dia.

Di luar dari KIB, ada satu rekomendasi yaitu Ketua DPP, Puan Maharani. Selain itu, ada klaster teknokrat atau kabinet dan klaster gubernur.

"Jadi, ini bukan nomor satu atau dua. Ini hanya terbatas klaster," katanya.

Baca Juga: Kembangkan Pariwisata Jabar Selatan, Pemprov Gandeng BUMDes 

Baca Juga: Pemprov Jabar Dorong Analog Switch Off Segera Terlaksana

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya