Masuk Parpol di 2022, Ridwan Kamil Belum Mau Bocorkan Pilihannya

Ridwan Kamil masuk Partai Politik pada pertengahan 2022

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil masih menutup rapat partai politik yang akan dipilihnya di pertengahan 2022. Orang nomor satu di Jabar ini bahkan mengaku masih belum menentukan pilihan.

Saat ini, Emil mengatakan dirinya masih menimbang dan menilai semua partai politik yang akan dipilihnya nanti. Menurutnya, waktu untuk menentukan partai masih tergolong lama sehingga ia berpikir masih punya waktu untuk memantapkannya.

"Soal pilihan parpol, itu masih belum. Masih pertengahan tahun," ujar Emil secara singkat saat ditemui dalam kegiatan pelantikan pengurus Partai Demokrat Jabar beberapa hari kemarin.

1. Emil sebut bisa saja berpasangan dengan AHY di Pilpres 2024

Masuk Parpol di 2022, Ridwan Kamil Belum Mau Bocorkan PilihannyaIDN Times/Galih Persiana

Saat disinggung soal apakah ada kemungkinan akan berpasangan dengan Ketua Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Pilpres 2024, Emil memberikan respons diplomatis. Menurutnya, semua kemungkinan bisa saja terjadi dalam dunia politik.

"Kalau politik harus mungkin, makanya jaga hubungan baik dengan semua parpol. Dan itu sudah saya lakukan pas Golkar datang, Demokrat datang. Hubungan sangat baik. Doakan saja," kata dia.

2. Ridwan Kamil sebut paling realistis lanjutkan dua periode Pilgub Jabar

Masuk Parpol di 2022, Ridwan Kamil Belum Mau Bocorkan PilihannyaGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (IDN Times/Kevin Handoko)

Sebelumnya, Emil memberikan beberapa petunjuk bahwa partai yang akan menjadi tempatnya berlabuh adalah partai yang paling Pancasilais: tidak terlalu kiri dan tidak terlalu kanan.

Berlabuh dengan partai politik bukan hanya sebagai persiapan Pilpres 2024. Emil mengatakan bahwa hal paling rasional untuk 2024 adalah mencalonkan kembali untuk periode ke dua di Pilgub Jabar. Namun, jika setelah masuk partai ia diusung untuk ikut kontestasi Pilpres 2024, Emil menyatakan siap.

"Pintu pertama melanjutkan periode dua, karena saya gubernur baru periode satu. Kalau saya pilih kiri, 2024 saya ikut Pilgub lagi. Atau pintu kedua, kepemimpinan nasional. Karena kan Pak Jokowi selesai dalam dua periode," kata Emil, Kamis (2/12/2021).

Sebelum adanya pernyataan itu, Emil sendiri sudah melakukan manuver dengan bertemu beberapa pimpinan partai. Tidak dari Airlangga Haratato dari Partai Golkar, ia juga sudah bertemu Pimpinan Partai Demokrat Agus Harimurti Yudoyono, Megawati dari PDI Perjuangan, dan Prabowo dari Partai Gerindra.

3. Ridwan Kamil belum punya dua modal kuat untuk jadi Capres 2024

Masuk Parpol di 2022, Ridwan Kamil Belum Mau Bocorkan PilihannyaRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Meski begitu, menurut Emil, pilihan politiknya ke depan akan berlandaskan realita. Saat ini, Emil bilang bahwa dirinya kerap mendapatkan pertanyaan terkait Pilpres 2024, karena publik bertanya siapa yang akan melanjutkan kepemimpinan usai Jokowi.

Maju dalam kontestasi nasional menurutnya membutuhkan tiga modal besar, yakni elektabilitas dan popularitas, logistik, lalu partai yang dalam sistem demokrasi menjadi kendaraan untuk maju.

"Dua modal itu saya belum punya. Duit tidak ada, partai juga belum. Yang saya miliki sekarang elektabilitas dan kesukaan," ujar Emil pada Kamis (2/12/2021).

4. Ridwan Kamil tidak menolak jika diberikan kesempatan maju Capres 2024

Masuk Parpol di 2022, Ridwan Kamil Belum Mau Bocorkan PilihannyaRidwan Kamil

Karena belum memiliki modal logistik dan berpartai, Emil saat ini tengah meningkatkan kinerja. Jika upaya ini direspon partai politik dengan meminangnya untuk maju, Ridwan Kamil memastikan ia tidak akan menolak.

"Tapi politik tahu diri itu, saya harus tahu diri, anda itu siapa? Diusung partai belum pasti, kalau gak (dipinang) saya tahu diri. Kalau tidak ada partai, saya akan melanjutkan menjadi gubernur. Tapi kalau ada partai butuh tokoh elektabilitas yang lumayan, saya dihitung, saya Bismillah," kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Gabung Parpol 2022, Demokrat Siap Tampung!

Baca Juga: Ridwan Kamil Masuk Bursa Cawapres Terkuat Bersama Sandiaga Uno

Baca Juga: Kereta Cepat Hampir Rampung, Ridwan Kamil Bakal Pamer di G20

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya