Masjid Raya Al Jabbar Akan Dibuka Kembali di 1 Ramadan 1444 Hijriah

Pemprov Jabar perpanjangan masa penutupan sementara

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) akan membuka kembali Masjid Raya Al Jabbar pada 1 Ramadan 1444 Hijriah. Saat ini, Pemprov Jabar masih melakukan penataan dan pemeliharaan kawasan masjid.

Sekretaris Daerah Pemprov Jabar, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, perpanjangan waktu penataan dan pemeliharaan ini bertujuan untuk menciptakan kenyamanan beribadah dan menghadirkan pelayanan yang baik saat Bulan Ramadan.

"Hal ini dilakukan agar saat Bulan Ramadan tiba, masyarakat dapat beribadah di Masjid Raya Al Jabbar dengan tenang, tertib, dan nyaman," ucap Setiawa melalui keterangan resmi, Sabtu (11/3/2023).

1. Semua aspek pemeliharaan dan penataan dilakukan

Masjid Raya Al Jabbar Akan Dibuka Kembali di 1 Ramadan 1444 HijriahMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Setiawan menjelaskan, penataan dan pemeliharaan kawasan dan Masjid Raya Al Jabbar mencakup semua aspek, seperti perbaikan sejumlah kerusakan akibat tingginya animo jemaah yang datang, pemeliharaan taman tematik, kolam retensi, area luar dan dalam Masjid Raya Al Jabbar.

"Hampir semua aspek kita lakukan penataan, perbaikan, dan pemeliharaan. Perbaikan dan penataan Kawasan Al Jabbar terutama dilakukan agar pada saat Bulan Ramadan, jemaah bisa khusyuk beribadah tanpa gangguan keamanan dan ketertiban," katanya.

2. Setelah selesai penataan, masjid akan dibuka untuk umum

Masjid Raya Al Jabbar Akan Dibuka Kembali di 1 Ramadan 1444 HijriahMasjid Raya Al Jabbar (instagram.com/omroy02_)

Atas perpanjangan penutupan sementara kawasan dan Masjid Raya Al Jabbar, Setiawan menyampaikan permohonan maaf dan meminta pengertian kepada masyarakat.

"Insyaallah setelah penataan dan pemeliharaan ini selesai, jemaah dapat kembali datang ke Al Jabbar dan beribadah dengan tertib, aman, dan nyaman, khususnya di Bulan Suci Ramadan," kata dia.

3. Masjid Raya Al Jabbar ditutup sejak akhir Februari 2023

Masjid Raya Al Jabbar Akan Dibuka Kembali di 1 Ramadan 1444 HijriahMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, kawasan dan Masjid Raya Al Jabbar ditutup sementara untuk penataan dan pemeliharaan selama dua pekan, dari 27 Februari pukul 00:00 WIB sampai 13 Maret 2023. Penutupan bertujuan untuk menata dan memperbaiki kembali beberapa kekurangan yang ada.

Akan tetapi, hingga saat ini, Pemprov Jabar menyatakan ada berbagai pertimbangan, pembukaan Kawasan dan Masjid Raya Al Jabbar ditunda sampai 1 Ramadan 1444 Hijriah.

Baca Juga: Ridwan Kamil Siapak Sehektare Tanah Khusus PKL Berjualan di Al-Jabbar

Baca Juga: 500 PKL di Masjid Al Jabbar akan Ditertibkan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya