Karnaval WJF 2023: Ruas Jalan di Kota Bandung Bakal Dialihkan 

Karnaval WJF 2023 berlangsung dari 07:00 WIB - 11:30 WIB

Bandung, IDN Times - Jajaran Polrestabes Bandung bakal mengalihkan sejumlah ruas jalan saat acara karnaval West Java Festival, Minggu, 3 September 2023. Pengalihan akan dilakukan sejak pagi hari di wilayah ring satu Kota Bandung.

Kasat Lantas Polrestabes Bandung, Kompol Eko Iskandar mengatakan, beberapa yang akan dialihkan yaitu jalur Dago Atas. Masyarakat yang akan menuju jalan itu akan diarahkan ke Jalan Tamansari ataupun Jalan Dipatiukur.

"Kemudian kendaraan yang datang dari Jalan Surapati, akan diarahkan ke Flyover Mochtar Kusumaatmadja menuju Jalan Cihampelas," ujar Eko, Sabtu (2/8/2023).

1. Kendaraan dari Flyover Mochtar Kusumaatmadja akan dialihkan ke Tamansari

Karnaval WJF 2023: Ruas Jalan di Kota Bandung Bakal Dialihkan Jalan Dago, Bandung (instagram.com/arumsilviani)

Selain itu, kendaraan dari arah barat yang melintas di Flyover Mochtar Kusumaatmadja saat karnaval berlangsung, akan diarahkan turun ke Jalan Tamansari. Sedangkan, kendaraan yang hendak menuju ke Jalan Wastukencana, akan diarahkan turun ke Jalan Tamansari menuju Jalan Sulanjana.

"Kemudian dari Pasteur mau turun ke Tamansari itu nanti kami luruskan supaya tidak menumpuk ke bawah. Kalau dari arah Gedung Sate mau ke bawah Dago Cikapayang itu kita naikkan ke fly over," ungkapnya.

2. Masyarakat yang hendak ke arah Jalan Dago akan dialihkan ke Tamansari

Karnaval WJF 2023: Ruas Jalan di Kota Bandung Bakal Dialihkan Jalan Dago, Bandung (instagram.com/mufti_muzaqi)

Sedangkan nanti dari arah Merdeka Sulanjana yang mau ke Dago Cikapayang, kata dia, akan dialihkan untuk berbelok kiri agar langsung menuju ke arah Jalan Sulanjana tembus ke Tamansari. Polisi juga menerjunkan 80 personel yang disebar di 30 titik selama acara berlangsung.

"Cara bertindaknya ada dua nanti. Jadi selain pengalihan arus pada titik-titik kegiatan, ada ring dua pengalihan apabila terjadi kepadatan atau kemacetan jadi kita pecah," katanya.

3. Masyarakat yang hendak menonton karnaval bisa parkir di tempat yang sudah disediakan

Karnaval WJF 2023: Ruas Jalan di Kota Bandung Bakal Dialihkan Bersepeda di Jalan Dago, Bandung (instagram.com/fauzi230391)

Eko menambahkan, kepolisian juga akan melakukan penutupan di Jalan Diponegoro-Sentot sampai Diponegoro-Majapahit selama acara West Java Festival berlangsung. Penutupan dilakukan karena di jalan tersebut digunakan untuk panggung akhir dari karnaval.

Dengan banyaknya rekayasa dan penutupan jalan yang berlangsung, Eko menimbau agar masyarakat yang akan lewat jalan-jalan yang dilintasi karnaval agar mengikuti arahan petugas di lapangan.

"Bagi masyarakat yang ingin ke West Java Festival, silakan mencari kantong parkir yang sudah disiapkan yang tidak menggangu pengguna jalan yang lain. Parkir ada di Museum Geologi, bisa juga di Majapahit di jalur parkir lapangan Gasibu juga bisa digunakan," katanya.

Untuk diketahui, karnaval WJF 2023 bakal dimulai pada pukul 07.00 WIB sampai 11.30 WIB. Iring-iringan karnaval ini akan start dari Monumen Perjuangan menuju Jalan Teuku Umar, Jalan Ir H Juanda atau Jalan Dago masuk ke Jalan Cikapayang-Surapati hingga diarahkan berbelok ke Jalan Diponegoro dan berakhir di Lapangan Gasibu dan area Gedung Sate.

Baca Juga: WJF 2023 Jadi Pilot Project Pengelolaan Sampah Event Besar

Baca Juga: Bey Machmudin Jadi Pj Gubernur Jabar Gantikan Ridwan Kamil

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya