Dishub Jabar Buat 3 Strategi Jaga Kondusivitas Mudik Idul Fitri 2022

Dishub akan periksa angkutan umum sebelum mudik lebaran 2022

Bandung, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat (Jabar) membuat tiga strategi jelang mudik lebaran atau Idul Fitri 2022. Tiga strategi ini dibuat untuk menjaga kondusivitas para pemudik di wilayah Jabar.

A. Koswara, Kepala Dishub Jabar mengatakan, penyelenggaraan mudik 2022 bakal menerapkan 3 strategi, antara lain; pertama tentang keselamatan angkutan. Menurutnya, hal ini merupakan yang paling penting.

"Bagaimana angkutan umum dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan menggunakan angkutan umum. Itu kami siapkan," ujar Koswara, saat ditemui di Dishub Jabar, Jalan Sukabumi, Rabu (23/3/2022).

1. Arus lalu lintas disiapkan agar aman dan nyaman

Dishub Jabar Buat 3 Strategi Jaga Kondusivitas Mudik Idul Fitri 2022Ilustrasi. Pengendara melintas di pos penyekatan larangan mudik yang tidak dijaga petugas di Cikokol, Tangerang, Banten, Jumat (7/5/2021) (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Selain itu, Koswara bilang, strategi kedua adalah soal keselamatan berlalu lintas. Adapun strategi itu nantinya akan dibahas bersama dengan jajaran Polda Jabar dan jajaran dari seluruh kabupaten/kota.

"Kita merancang supaya berlalu lintas di waktu mudik ini bisa aman dan lancar," ungkapnya.

2. Dishub Jabar sudah menggelar rapat koordinasi dengan kabupaten dan kota

Dishub Jabar Buat 3 Strategi Jaga Kondusivitas Mudik Idul Fitri 2022Anggota Dishub Kota Depok membantu mengurai kepadatan lalu lintas di Kota Depok. (Dokumen Dishub Kota Depok)

Koswara menambahkan, strategi ketiga ada komunikasi dan publikasi. Untuk strategi ini, Dishub akan berkoordinasi denga instansi terkait dan akan diinstruksikan untuk menyebarkan informasi dan gagasan atau strategi kolaborasi.

"Dalam rapat tadi ada pembahasan seperti apa kolaborasi yang akan dilakukan. Tiga hal strategi ini juga sudah disampaikan dalam rapat bersama kabupaten dan kota," ucapnya.

3. Persiapan mudik lebaran 2022 harus matang

Dishub Jabar Buat 3 Strategi Jaga Kondusivitas Mudik Idul Fitri 2022Petugas gabungan memutar balik pengendara saat penyekatan pelarangan mudik dan jalur wisata di Cikole, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (15/5/2021).(ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Dalam mempersiapkan mudik Idul Fitri 2022 harus direncanakan dari jauh-jauh hari. Koswara bilang upaya membuat tiga strategi ini merupakan langkah tepat agar mudik Idul Fitri 2022 bisa kondusif tanpa halangan berat.

"Persiapan harus matang dengan asumsi angkutan lebaran 2022 akan meningkat, setelah dua tahun tertunda masyarakat melakukan perjalanan mudik tahun ini akan meningkat sesuai dengan hasil survei Kemenhub," kata dia.

Baca Juga: Tower BTS Runtuh, Pemkot Depok Sentil Pemprov Jabar soal Pengawasan 

Baca Juga: Pemprov Jabar Anggarkan Rp15 Miliar Untuk Subsidi Sembako Ramadan 2022

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya