Comscore Tracker

Disdik Bandung: Walaupun Ada Zona Hijau, Sekolah Belum Tatap Muka!

Pjj periode 2 mulai dijalan kembali

Bandung, IDN Times - Dinas Pendidikan Kota Bandung belum akan menggelar pembelajaran tatap muka dalam waktu dekat. Hal tersebut juga akan berlaku untuk sejumlah kecamatan yang nantinya dinyatakan masuk dalam zona hijau.

Pemkot Bandung sementara akan tetap menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Adapun untuk zona secara keseluruhan Kota Bandung masih masuk dalam zona oranye.

"Di Bandung belum ada yang diizinkan (tatap muka). Meskipun sekolahnya ada di kecamatan zona hijau, tapi bisa saja guru dan muridnya datang dari zona merah," ujar Kepala Seksi Kurikulum PSMP, Disdik Bandung, Bambang Ariyanto saat ditemui di Balai Kota Bandung, Selasa (4/8/2020).

1. Ada skema khusus untuk siswa di luar jaringan

Disdik Bandung: Walaupun Ada Zona Hijau, Sekolah Belum Tatap Muka!ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Bambang menuturkan, Pemkot Bandung menggelar PJJ sudah pada periode 2. Dalam periode kali ini, siswa kesulitan akses internet dan beberapa teknis lainnya akan lebih dipantau dan langsung diperbaiki.

"Periode 2, yang tidak punya perangkat PJJ akan ada pembelajaran luring (luar jaringan). Sekolah memproduksi modul atau lembar kegiatan untuk siswa yang akan dikirim ke rumah," ungkapnya.

2. Jadwal pembelajaran sudah disipkan Disdik Bandung

Disdik Bandung: Walaupun Ada Zona Hijau, Sekolah Belum Tatap Muka!ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Disdik Kota Bandung juga akan telah mendata siswa rawan melanjutkan pendidikan (RMP). Dari data tersebut nantinya, siswa akan mendapat pinjaman laptop dari sekolah masing-masing dan biaya kuota internet. Kemudian untuk sekenario pembelajaran tatap muka, Pemkot Bandung saat ini sudah siapkan dua skema.

"Kesiapan sudah kami buat daftarnya yang harus diperiksa seperti sarana dan prasarana, pengaturan jadwal, kesediaan alat-alat kebersihhan, dan sebagainya," kata Bambang.

3. Belajar tatap muka akan diizinkan jika zona bandung menjadi hijau

Disdik Bandung: Walaupun Ada Zona Hijau, Sekolah Belum Tatap Muka!Ilustrasi PJJ siswa SD (Dok. KPAI)

Ia menambahkan, sampai saat ini Kota Bandung masih dalam zona oranye, sejumlah kecamatan masih belum diizinkan gelar pembelajaran tatap muka langsung. Sekolah diizinkan tatap muka jika zona sudah berada pada warna hijau.

"Pembukaan sekolah akan dilakukan bila Kota Bandung sudah (berada di zona) hijau," katanya.

4. PJJ periode 1 diklaim berhasil

Disdik Bandung: Walaupun Ada Zona Hijau, Sekolah Belum Tatap Muka!Ilustrasi PJJ siswa SD (Dok. KPAI)

Seperti diketahui, Sebelumnya, Kepala Disdik Kota Bandung Hikmat Ginanjar mengatakan, PJJ periode satu telah dilakukan evaluasi. Ia pun mengapresiasi semua pihak yang telah bahu-membahu menyukseskan PJJ, baik pendidik, tenaga kependidikan, siswa, maupun orang tua.

"Kerja sama ini telah menjadi kolaborasi yang sangat bagus dan para seerta didik telah lulus dengan baik," kata dia.

Baca Juga: Janji Kuota Internet Gratis untuk Siswa di Jabar Ternyata Belum Merata

Baca Juga: Begini Simulasi di Sekolah Jika Belajar Tatap Muka Berlangsung

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya