BKD: Kursi Sekda Jawa Barat Kemungkinan Diisi Pj 

Pemprov Jabar hanya akan mengusulkan satu nama Pj Sekda

Bandung, IDN Times - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat memastikan, posisi Sekretaris Daerah (Sekda) kemungkinan akan diisi oleh Penjabat atau Pj. Beberapa nama juga akan diusulkan pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam beberapa waktu ke depan.

Kepala BKD Jawa Barat, Sumasna mengatakan, posisi Pj Sekda ini akan dilakukan karena proses penilaian kandidat calon sekda yang dilakukan langsung oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) RI masih berproses.

"Kemarin kita dapat arahan untuk asesmen (penilaian) dilakukan oleh BKN. Nah BKN itu ada jadwal yang mengatur, jadi kita menunggu pemberitahuan kapan jadwalnya Pemprov Jabar untuk asesmennya," kata Sumasna saat dikonfirmasi, Rabu (27/9/2023).

1. Pj Sekda yang diusulkan harus Eselon II A

BKD: Kursi Sekda Jawa Barat Kemungkinan Diisi Pj dreamstime

Sumasna mengungkapkan, sembari menunggu keputusan dari BKN. Maka posisi sekda akan diisi oleh Pj. Sehingga, saat ini Pemprov Jabar bakal mengusulkan satu nama kepada Kemendagri sebagai Pj Sekda.

Adapun nama yang akan diusulkan ini harus sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku. Salah satunya harus dari pejabat struktural eselon II A. Disinggung soal potensi nama Plh Setiawan Wangsaatmaja apakah akan ditunjuk sebagai Pj. Sumasna mengaku belum mengetahui hal itu.

"Potensi Pj ada tapi harus dari Eselon II A struktural kalau dari Pj Sekda. Dalam hal ini Pak Iwan (Setiawan) fungsional, nah ini masih menunggu respon dari Jakarta," jelasnya.

Setiawan Wangsaatmaja sendiri statusnya hanya pensiunan, bukan ASN Eselon IIA. Namun dia ditunjuk menjadi pejabat fungsional di Pemprov Jabar, dan kini ditunjuk untuk menjabat sebagai Plh Sekda Jabar.

2. Nama yang akan diusulkan hanya ada satu orang

BKD: Kursi Sekda Jawa Barat Kemungkinan Diisi Pj Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sumasna menambahkan, usulan nama yang diserahkan pada Kemendagri juga mekanismenya berbeda dengan Pj bupati dan wakil kota. Pemprov Jabar nantinya hanya akan mengusulkan satu nama saja.

"Jadi persyaratan ditetapkan. Usulan satu. Jadi satu nama terus turun dalam bentuk rekomendasi, bukan usulan. Karena yang melantik tetap Gubernur," ungkap Sumasna.

3. Proses pemilihan sekda definitif juga terus berjalan

BKD: Kursi Sekda Jawa Barat Kemungkinan Diisi Pj Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sumasna menegaskan, selama sekda dijabat oleh Pj, Pemprov Jabar nantinya akan tetap melanjutkan proses seleksi sekda definitif. Dimana sebelumnya sudah ada 10 nama, dan akan dipilih tiga untuk diusulkan pada Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Kalo 10 kandidat itu untuk proses seleksi sekda definitif, sementara sekarang masih proses. Kalo untuk Pj Sekda, sesuai Perpres 3 2018 diangkat oleh Gubernur setelah persetujuan Mendagri, usulan permintaan persetujuan cukup 1 orang," kata dia.

Sebelumnya, Pemprov Jabar diketahui telah menyeleksi 10 nama sebagai kandidat sekda definitif sebelum nantinya hasil seleksi itu akan diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Rencananya ada 10 besar di kita dulu, lalu ada proses wawancara dan lain sebagainya, nanti akan terpilih tiga dan dikirimkan ke Presiden," jelas Setiawan dalam keterangan tertulis, Jumat (25/8/2023).

Baca Juga: Aktivis Desak Pj Gubernur Transparan Soal Pemilihan Sekda

Baca Juga: Pemprov Mulai Lakukan Assament Pengganti Sekda Jabar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya