Tokoh Sunda Berduka untuk Keluarga Ridwan Kamil

Tokoh Sunda sampaikan pesan penguat pada Ridwan Kamil

Bandung, IDN Times - Sejumlah tokoh Sunda menyampaikan belasungkawa atau takziah pada Gubernur Jabar Ridwan Kamil atas meninggalnya putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril yang hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022).

Tokoh Sunda yang datang langsung ke Gedung Pakuan ini yaitu Popong Otje Djundjunan atau biasa dipanggil Ceu Popong, dan Ketua Umum PB Pasundan, Didi Turmudzi.

Ceu Popong mengatakan bahwa ada ungkapan dalam Bahasa Sunda yang mewakili kondisi ini, yaitu Jodoh, Pati, Bagja, Cilaka, Lain Banda na Manusa (jodoh, kematian, kebahagiaan, kesulitan, bukan urusan manusia). Peribahasa itu menurutnya tepat untuk disampaikan pada Ridwan Kamil agar tetap diberikan kekuatan.

"Arti peribahasa itu, intinya sudah ditentukan garis tangan masing-masing oleh Yang Maha Segalanya. Sekarang bapak kita semua itu diberikan cobaan yang hanya bisa tentu bisa diatasi dengan lilahitaala," ujar Ceu Popong, kepada wartawan di Gedung Pakuan, Bandung, Sabtu (4/6/2022).

Kemudian, Ceu Popong juga menyampaikan langsung belasungkawa pada Ridwan Kamil. Dia meminta agar orang nomor satu di Jabar ini kuat menghadapi cobaan.

"Kami semua bisa merasakan bagiamana perihnya ditinggal oleh putra. Tapi di sini lah kita semua mendoakan semoga adik, bapak, anak kita semua ini (Ridwan Kamil) bisa melalui masa-masa yang begitu berat dan pahit," katanya.

Selain itu, Ketum PB Pasundan, Didi Turmudzi mengatakan, kepergian Eril membuat pilu warga Jabar. Dia juga menyampaikan agar Ridwan Kamil tetap diberikan ketabahan.

"Karena Emmeril adalah ananda yang soleh, Insyaallah mendapat tempat yang terbaik dari Allah Swt. Mudah-mudahan semua yang terjadi ini membawa hikmah yang bermakna bagi tugas-tugas Kang Emil yang akan datang," kata dia.

Baca Juga: Karangan Bunga Duka untuk Eril Terus Berdatangan di Gedung Pakuan

Baca Juga: Eril Dinyatakan Wafat Tenggalam, Polri Tetap Pantau Pencarian

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya