Belum Juga Padam, Kebakaran di TPA Sarimukti Terjadi Selama Sebulan

Pemprov Jabar masih melakukan penanganan pemadaman

Bandung, IDN Times - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat menyatakan kobaran api di Tempat Pembuatan Akhir (TPA) sampah Sarimukti belum padam. Penanganan untuk pemadaman juga masih dilakukan oleh tim gabungan.

Kepala DLH Jabar, Prima Mayaningtias mengatakan, upaya pemadaman juga masih dilakukan dengan penimbunan menggunakan lumpur hingga water bombing. Adapun kobaran api kini tidak sebesar awal kejadian.

"Kenapa sulit padam karena di TPA Sarimukti ada sampah sebanyak 2.000 ton per hari, kalau kita hitung berarti sekitar 15 juta kubik ya yang ada di sana. Penumpukan gas metan juga sangat tinggi," ujar Prima, Senin (18/9/2023).

1. Penanganan pemadaman masih terus dilakukan

Belum Juga Padam, Kebakaran di TPA Sarimukti Terjadi Selama SebulanKebakaran di TPA Sarimukti. Dokumen Diskar Kota Bandung

Meskipun api belum padam secara maksimal, Prima menjelaskan, untuk di beberapa zona TPA Sarimukti, api sudah ada yang padam. Hanya saja, dia belum bisa menyatakan api padam seluruhnya. Beberapa penanganan lanjutan masih tengah dilakukan.

"Tadi juga kita sudah briefing zona 3 dan 4 akan dilakukan penyisiran titik api. Pagi ini sudah berjalan semua, termasuk quick response dari Kabupaten Bandung juga sudah masuk ke lapangan," ungkapnya.

2. Water bombing juga masih dilakukan

Belum Juga Padam, Kebakaran di TPA Sarimukti Terjadi Selama SebulanKebakaran di TPA Sarimukti. Dokumen Diskar Kota Bandung

Dalam penanganan juga kini telah melibatkan pihak swasta, dimana PT Carolina Prima Internasional turut melakukan penyiraman menggunakan metode water bombing dengan 3.045 liter air dari udara.

"Sekarang akan kembali dilakukan water bombing, hari ini akan dilakukan kembali. Penutupan lumpur dibantu BBWS kita juga terus lakukan dibantu oleh kabupaten/kota juga berkontribusi untuk truk yang mengangkut lumpur," jelasnya.

3. Peristiwa kebakaran ini sudah hampir satu bulan

Belum Juga Padam, Kebakaran di TPA Sarimukti Terjadi Selama Sebulaninstagram.com/yobelnovianputra

Untuk diketahui, peristiwa kebakaran di TPA Sarimukti berjalan sudah hampir satu bulan. Awal peristiwa yang membuat Bandung Raya darurat sampah inj terjadi pada 19 Agustus 2023. Pemerintah kemudian melakukan berbagai upaya agar api bisa dipadamkan.

Koordinator Pengelola TPA Sarimukti, Riswanto mengatakan, saat ini api maaih belum padam 100 persen. Namun asap dampak kebakaran kini sudah menurun diangka 40 persen lagi.

"Berbagai upaya telah dilakukan petugas gabungan. Alhamdulillah, dilihat dari tampilan kasat mata asap dan bara tinggal 40 persen lagi," kata dia.

Baca Juga: Sampah di TPS Bandung Mulai Diangkut ke TPA Sarimukti 

Baca Juga: Pemprov Jabar Rencanakan Buat Hujan Buatan di TPA Sarimukti

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya