Bandara Kertajati Bangkit! 40 Ribu Jemaah Umrah Diberangkatkan November

Infrastruktur penunjang juga terus dikebut pemerintah pusat

Bandung, IDN Times - Bandara udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati bakal memberangkatkan 40 ribu jemaah umrah pada November 2022. Rencana ini sejalan dengan proses pembangunan yang kini sudah lebih membaik.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, BIJB Kertajati itu di bulan November akan direncanakan melakukan penerbangan umroh.

"Oleh karena itu, ini adalah momentum yang sangat bagus. Karena saya melihat kita saatnya waktu untuk berbenah di Kertajati sendiri," ujar Setiawan, Senin (26/9/2022).

1. Jalan Tol Dawuan diharapkan selesai akhir tahun

Bandara Kertajati Bangkit! 40 Ribu Jemaah Umrah Diberangkatkan NovemberSuasana BIJB Kertajati menjelang kedatangan WNI ABK Diamond Princess (IDN Times/Azzis Z)

Selain itu, pembangunan infrastruktur penunjang BIJB Kertajati juga terus berproses. Seperti, proses pembangunan jalan tol Jalan Tol Cileunyi-Sumedang–Dawuan yang kini terus membaik.

"Jalan Tol di Dawuan mudah-mudahan selesai di akhir tahun ini. Jadi kalau jalan tol selesai di akhir tahun ini, dan yang sudah tercatat umroh di Jawa Barat ini sekitar 40rb. Saya rasa Kertajati akan tumbuh dan berkembang dengan baik," ungkapnya.

2. Penerbangan lokal juga akan kembali ada di BIJB Kertajati

Bandara Kertajati Bangkit! 40 Ribu Jemaah Umrah Diberangkatkan NovemberSuasana BIJB Kertajati menjelang kedatangan WNI ABK Diamond Princess (IDN Times/Azzis Z)

Setiawan menjelaskan, selain untuk memberangkatkan jemaah umrah. BIJB Kertajati juga akan kembali melayani penerbangan domestik seperti sebelum-sebelumnya.

"Pokoknya maskapai Garuda itu kurang lebih seminggu sekali. Lion sehari dua kali. Kurang lebih sekian," ucapnya.

3. Surat juga sudah dikim ke Kementrian Perhubungan

Bandara Kertajati Bangkit! 40 Ribu Jemaah Umrah Diberangkatkan NovemberANTARA JABAR/M Agung Rajasa

Kemudian, sejumlah pesawat yang tadinya hanya kendarat di Bandara Husein Sastranegara akan turut dipindahkan ke BIJB Kertajati. Dia berharap, bandara Kertajati bisa kembali beroperasi dengan maksimal.

"Karena saat ini kita sudah mengirimkan surat juga menteri perhubungan bahwa untuk pesawat-pesawat jet dan propeller yang tadinya mendarat di Husein itu dikembalikan ke Kertajati," katanya.

4. BIJB Kertajati sebelumnya tidak bisa digunakan karena pandemik COVID-19

Bandara Kertajati Bangkit! 40 Ribu Jemaah Umrah Diberangkatkan NovemberSuasana BIJB Kertajati jelang kedatangan WNI ABK Diamond Princess (IDN Times/Azzis Z)

Soal kawasan Aeorcity, Setiawan mengatakan, hal itu secara otomatis dilakukan. Sebab, merencanakan Kertajati bukan hanya bandara saja, tetapi nanti akan dijadikan untuk kawasan Aerocity semuanya.

"Jadi itu kuncinya. Jadi kawasan di sana itu sekali lagi bukan hanya untuk bandara saja," kata dia.

Sebelumnya, BIJB Kertajati sudah diberikan untuk mendaratkan pesawat-pesawat jet maupun propeller. Cuman karena Covid kemarin kemudian dibalikin lagi ke Husein dan sekarang kami minta balikan lagi ke Kertajati

Baca Juga: Ridwan Kamil Targetkan Tol Cisumdawu Tembus BIJB Tahun Ini

Baca Juga: Ridwan Kamil Lobi Kemenhub Agar BIJB Bisa Beroperasi Lagi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya