Aksi UMK 2024 di Gedung Sate, Buruh di Jabar Mulai Mogok Kerja!

PJ Gubernur didesak tak rubah rekomendasi UMK kabupaten kota

Bandung, IDN Times - Puluhan ribu buruh dari berbagai macam organisasi di wilayah Jawa Barat mulai melakukan mogok kerja. Mereka turut menggelar aksi untuk memprotes kenaikan UMK 2024 yang akan diumumkan besok. 

Berdasarkan pantauan IDN Times di lapangan, Buruh berbondong-bondong longmarch dari daerah masing-masing sejak pukul 10:00 WIB. Mereka turut membawa atribut spanduk bertuliskan desakan agar UMK 2024 tidak ditetapkan menggunakan Peraturan Pemerintah (PP) 51 tahun 2023.

Ketua KSPSI Jabar, Roy Jinto mengatakan, dirinya telah mendapat bocoran terkait besaran UMK yang diusulkan oleh Pemprov Jabar. Menurutnya, besaran itu masih jauh di bawah angka yang sebelumnya diusulkan oleh bupati/wali kota di Jabar.

"Hasil rapat dewan pengupahan provinsi kemarin sampai malam itu Pemerintah Jawa Barat mengusulkan kenaikan upah minimum rata-rata Rp13.000, Rp14.000, Rp17.000, Rp18.000 kemudian Rp23.000 dan ada yang Rp36.000," ujar Roy pada awak media.

1. Hari ini buruh di Jabar sudah melakukan mogok kerja

Aksi UMK 2024 di Gedung Sate, Buruh di Jabar Mulai Mogok Kerja!(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Roy menjelaskan, dengan jumlah kenaikan yang belum sesuai dengan keinginan Buruh, maka Buruh mulai melakukan mogok kerja dan melangsungkan aksi pada Pj Gubernur Jawa Barat agar tidak merubah kenaikan usulan UMK 2024 dari 27 kabupaten kota.

"Buruh menjadi marah, dan hari ini mereka melampiaskan dengan melakukan mogok keluar dari pabrik dan melakukan sweeping di daerah industri, yang nanti datang ke Gedung Sate untuk meminta Gubernur menetapkan upah minimum UMK sesuai rekomendasi bupati/wali kota," jelasnya.

2. Aksi akan dilakukan hingga besok

Aksi UMK 2024 di Gedung Sate, Buruh di Jabar Mulai Mogok Kerja!IDN Times/Debbie Sutrisno

Surat rekomendasi kenaikan Buruh sendiri dikatakan Roy sudah disampaikan pada Pemprov Jabar sejak beberapa waktu lalu. Namun hingga saat ini surat itu tidak kunjung berbalas. Dia mengancam buruh bisa jadi akan menginap di Gedung Sate.

"Aksi hari ini akan berlangsung mungkin sampai besok, bisa saja buruh hari ini menginap di Gedung Sate, karena besok tetap dilanjutkan aksi sampai dengan SK upah minimum tahun 2004 itu keluar," katanya.

3. Aksi hari ini balasan tantangan Pj Gubernur

Aksi UMK 2024 di Gedung Sate, Buruh di Jabar Mulai Mogok Kerja!Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Roy menambahkan, gelombang buruh akan terus ada dan menyampaikan desakan pada Pj Gubernur Jawa Barat. Apalagi, beberapa waktu lalu Bey Machimudin diriasakannya sudah mengancam buruh untuk melakukan aksi setelah penetapan UMP 2024.

"Kami mendengar Pj Gubernur itu tidak merespon tuntutan itu, maka buruh semakin emosi dan apapun yang terjadi hari ini adalah kehendak daripada Pj Gubernur. Gubernur menyampaikan setelah menetapkan UMP, kalau buruh tidak kuat silakan demo. Jadi buruh menyambut tantangan dengan turun ke jalan," kata dia.

Baca Juga: Apindo Jabar Tak Larang Jika Buruh Mogok Kerja karena Persoalan Upah

Baca Juga: Perusahaan Jabar yang Tak Gaji Buruh Sesuai UMP 2024 Bakal Disanksi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya