Hari Terakhir Kerja, Pemudik Mulai Padati Jalur Nagreg

Volume kendaraan di jalur Nagreg saat ini mencapai 32.955 

Kabupaten Bandung, IDN Times - Jumlah kendaraan pemudik yang melintas di jalur Nagreg, Kabupaten Bandung terus meningkat pada hari terakhir kerja pegawai, Kamis(28/4/2022).

Berdasarkan data Posko Induk Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung, volume kendaraan yang melintas di jalur ini meningkat 47,81 persen dibandingkan sehari sebelumnya. Bahkan, lalu lintas kendaraan yang menuju arah barat Nagreg pun mengalami peningkatan sebesar 42, 27 persen.

Humas Posko Induk Nagreg Dinas Perhubungan (Dishub) Ruddy Herdyana mengatakan, memasuki H-4 Lebaran, arus mudik sudah mengalami kenaikan.

"Apabila dibandingkan dengan H-4 sebelumnya (tahun lalu) arah Timur sudah mengalami peningkatan 47,81 persen, kita tahu 2021 masih ada penyekatan atau adanya PSBB. Bahkan ke arah Barat pun sudah mengalami peningkatan 42.27," ujar Ruddy, saat ditemui IDN Times di Posko Induk Nagreg, Kabupaten Bandung, Kamis (28/4/2022).

1. Jumlah kendaraan yang melintasi jalur Nagreg sudah mencapai 32.955

Hari Terakhir Kerja, Pemudik Mulai Padati Jalur NagregIDN Times/Aris Darussalam

Ruddy mengatakan, dari malam hingga pagi H-4 labaran 2022 jumlah kendaraan yang melintasi jalur Nagreg pun mencapai 32.955 kendaraan, terdiri dari 22.476 kendaraan menuju arah timur dan 10.488 kendaran menuju arah barat.

Oleh karena itu, ia pun menuturkan bahwa geliat mudik di tahun 2022 ini sudah mulai terlihat.

"Angka yang sudah kami hitung, untuk hari ini sampai pukul 08.00 pagi jumlah kendaraan menuju timur sudah mencapai 22.000 kendaraan, sedangkan menuju barat mencapai 10.488 kendaraan," kata Ruddy.

2. Pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua masih mendominasi

Hari Terakhir Kerja, Pemudik Mulai Padati Jalur NagregIDN Times/Galih Persiana

Namun demikian, pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua masih tetap mendominaai. Bahkan mencapai angka 65 persen hingga 68 persen, sedangkan yang menggunakan roda empat sudah mencapai 25 persen.

"Kendaraan roda dua sejak dulu tetap mendominasi, angkanya 65 persen sampai 68 persen, roda empat khususnya pribadi sudah ada di angka 25 persen. Jadi volume lalu lintas misalkan di H-3 itu 60 ribu, 42 ribu nya roda dua," tutur Ruddy.

3. Sore ini lonjakan kendaran pemudik diprediksi akan meningkat kembali

Hari Terakhir Kerja, Pemudik Mulai Padati Jalur NagregIDN Times/Aris Darussalam

Selian itu Ruddy mengatakan, hasil dari koordinasi Dishub Kabupaten Bandung terpantau juga mulai dari arah Jakarta, Tol Cikampek pada subuh tadi dikabarkan sudah padat kendaraan.

Oleh karena itu, ia memprediksikan bahwa sore atau menjelang magrib hari ini kemungkinan lonjakan kendaraan akan meningkat kembali.

"Kemungkinan ada lonjakan itu pada sore hari atau menjelang maghrib sampai nanti H-3 dan H-2 kemudian H-1 yang menjadi puncak arus mudik," ujar Ruddy.

Baca Juga: H-6 Lebaran, Jalur Nagreg Mulai Terjadi Peningkatan Arus Lalu Lintas

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya