Waspada! Bencana Alam Akibat Hujan Lebat Sepekan ke Depan di Jabar

Gubernur kirim surat peringatan ke para bupati dan walikota

Subang, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Jawa Barat akan diguyur hujan dalam sepekan ke depan. Adapun, hujan berintensitas tinggi berpotensi terjadi di wilayah barat dan selatan Jawa Barat.

Hal itu disampaikan Forecaster Stasiun Koordinator NDF dan MEWS Provinsi Jawa Barat, Leni Jantika Haswan dalam laporannya, Minggu (25/9/2022). “Potensi kejadian curah hujan dengan intensitas sangat lebat-ekstrem disertai angin kencang masih berpotensi terjadi dengan skala kejadian lebih lokal,” katanya.

Dalam laporan Prospek Cuaca Mingguan yang dikeluarkan BMKG, kondisi cuaca sepekan ke depan dipengaruhi sejumlah faktor. Antara lain, kondisi muka laut di sekitar Jawa Barat diprakirakan masih relatif hangat.

Selain itu, BMKG menilai Indeks Dipole Mode diprakirakan masih mengindikasikan aktivitas pembentukan awan di wilayah Indonesia bagian barat yang signifikan. Kemudian, Indeks Nino juga mengindikasikan signifikan terhadap peningkatan hujan di wilayah Indonesia.

1. BMKG minta masyarakat waspadai potensi bencana alam

Waspada! Bencana Alam Akibat Hujan Lebat Sepekan ke Depan di JabarIlustrasi Longsor (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam bagian rekomendasi, Leni menyampaikan sebagian besar wilayah Jawa Barat terutama bagian tengah dan selatan berpotensi terjadi hujan. Namun, berdasarkan kondisi perkembangan musim update dasarian II September 2022, beberapa wilayah bagian utara dan timur juga masuk dalam kriteria Hari Tanpa hujan (HTH) pendek hingga menengah.

“Kepada masyarakat dan instansi yang terkait agar tetap waspada terhadap peningkatan potensi terjadinya hujan lebat dan angin kencang pada siang hingga menjelang malam hari,” ujar Leni memperingatkan potensi bencana alam akibat cuaca ekstrem.

2. Daftar bencana alam yang terjadi sepekan terakhir

Waspada! Bencana Alam Akibat Hujan Lebat Sepekan ke Depan di Jabardok BMKG

BMKG juga mencatat sejumlah bencana alam yang terjadi selama sepekan sebelumnya dalam laporan yang sama. Bencana alam seperti banjir, longsor hingga angin kencang itu diduga dipengaruhi oleh kondisi cuaca ekstrem.

Bencana banjir diantara terjadi di Cianjur (19 dan 23/9/2022), Kota Cimahi (20/9/2022), Pangandaran (22-23/9/2022), Garut (22/9/2022), Kabupaten Bogor (23/9/2022) dan Kabupaten Sukabumi (23/9/2022). Sedangkan longsor melanda Kabupaten Sukabumi (21/9/2022), Kabupaten Tasikmalaya, Bogor dan Garut (22/9/2022) disusul Kota Bogor dan Sukabumi (23/9/2022).

3. Gubernur peringatkan potensi bencana alam di Jabar

Waspada! Bencana Alam Akibat Hujan Lebat Sepekan ke Depan di JabarGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, potensi bencana alam yang tinggi juga sudah diperingatkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. "Saya minta tolong lewat media, jadi sekitar bulan Desember itu diperkirakan sudah masuk curah hujan yang tinggi," katanya saat ditemui di Kabupaten Subang belum lama ini.

Ridwan menyebutkan jumlah bencana alam di Jawa Barat mencapai 1.500-2.000 kali dalam setahun. Beberapa bencana alam juga mulai terjadi di berbagai wilayah belakangan ini. Untuk itu, ia pun akan mengirim surat peringatan bencana alam ke semua Walikota maupun Bupati.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya