Comscore Tracker

Pesan Suara Prediksi Gempa di Waduk Cirata Malam Ini Dipastikan Hoax!

BMKG mengklaim tidak pernah menyebarkan informasi tersebut

Purwakarta, IDN Times - Dua pesan suara berisi peringatan terjadinya pergeseran lempeng bumi mengarah ke Waduk Cirata Kabupaten Purwakarta, beredar di aplikasi pesan singkat. Laki-laki dalam pesan suara tersebut mengklaim mendapatkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG).

Terkait hal itu, Stasiun Geofisika Bandung menegaskan informasi yang disampaikan tidak benar alias hoax. “Berita tersebut tidak benar dan BMKG tidak pernah menyampaikan serta menyebarluaskan informasi tersebut,” kata Kepala Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu, Selasa (22/11/2022).

Melalui keterangan pers resminya, BMKG menyatakan informasi tersebut tidak memiliki dasar ilmiah yang jelas. Selain itu, mereka mengakui belum ada teknologi yang mampu memprediksi waktu terjadinya gempa bumi di masa depan.

1. BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada

Pesan Suara Prediksi Gempa di Waduk Cirata Malam Ini Dipastikan Hoax!Ilustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Teguh pun meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mempercayai informasi yang disebarkan pihak tak bertanggung jawab. Meskipun demikian, masyarakat juga tetap perlu mewaspadai bencana gempa bumi tersebut.

“Jika terjadi bencana gempa bumi, agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tutur teguh.

2. Pesan suara beredar setelah terjadi gempa di Cianjur

Pesan Suara Prediksi Gempa di Waduk Cirata Malam Ini Dipastikan Hoax!Evakuasi korban gempa bumi di Desa Cibeureum, Kecamatan Cugenang, Cianjur (Istimewa)

Sebelumnya, dua pesan suara yang beredar di aplikasi pesan singkat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Kekhawatiran mereka muncul setelah terjadi gempa bumi bermagnitudo 5,6 di wilayah Kabupaten Cianjur, Senin (21/11/2022) siang.

Pesan yang disampaikan oleh laki-laki berbeda di pesan suara itu intinya menyebutkan bahwa gempa bumi akan terjadi di kawasan Waduk Cirata Kabupaten Purwakarta.

“Ada pergeseran lempeng mengarah ke Waduk Cirata, prediksi BMKG mengenai letak lempengan di paling ujung dekat Waduk Cirata,” kata suara, dalam pesan suara itu.

3. Beredar juga pesan hoax aktivitas Sesar Cimandiri

Pesan Suara Prediksi Gempa di Waduk Cirata Malam Ini Dipastikan Hoax!Ilustrasi thurst fault atau sesar naik. (YouTube.com/USGS)

Selain pesan suara tersebut, BMKG juga menerima laporan mengenai pesan siar yang menyebutkan adanya aktivitas pergerakan Sesar Cimandiri selama sepekan ke depan. Dalam pesan itu juga disebutkan dampak gempa bumi bisa terasa di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Wilayah yang terdampak itu meliputi Pelabuhan Ratu, Cibadak, Cicantayan-Cibolang, Sukaraja, Sukalarang, Baros, Salatbintana dan Kadudampit. Di akhir pesan tersebut, penulis mengimbau warga untuk tidak bepergian dari rumah masing-masing untuk menjaga keamanan tempat tinggal masing-masing.

Baca Juga: Keluarga Bupati Purwakarta Terdampak Gempa, Bantuan Dikirim ke Cianjur

Baca Juga: Gempa di Cianjur Terasa Kuat di Purwakarta, Warga Panik

Baca Juga: Pelajar Bogor Tewas Tenggelam Usai Mancing di Waduk Cirata

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya