Jumlah CCTV di Purwakarta Ditambah untuk Cegah Kriminalitas

Kamera CCTV ditempatkan di jalur mudik dan lokasi rawan

Purwakarta, IDN Times.-

Kepolisian Resor Purwakarta mengusulkan penambahan jumlah kamera pemantau atau Televisi sirkuit tertutup (Closed Circuit Television/CCTV) di jalanan. Fasilitas tersebut diperlukan untuk memantau keamanan lingkungan hingga arus lalu lintas.

Kepala Polres Purwakarta, Ajun Komisaris Besar Edwar Zulkarnain menyampaikan usulan tersebut dalam rapat koordinasi beberapa waktu lalu. "Kami berharap ada penambahan CCTV di ruas-ruas jalan utama,” katanya dalam keterangan pers, Kamis (12/1/2023).

Rapat Koordinasi itu diikuti jajaran pejabat kepolisian bersama Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta. Mereka membahas persiapan pengamanan dalam Operasi Ketupat Lodaya 2023 menjelang Ramadan.

1. Sejumlah lokasi rawan kecelakaan dan tindak kriminalitas

Jumlah CCTV di Purwakarta Ditambah untuk Cegah KriminalitasIlustrasi Jambret (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurut Edwar, mobilisasi warga pada momentum tersebut biasanya akan meningkat. “CCTV di ruas-ruas jalan utama yang dilewati pemudik (dibutuhkan) agar dapat termonitor jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan, kemacetan, dan tindakan kejahatan," katanya.

Kamera-kamera itu diminta ditempatkan di lokasi-lokasi rawan kriminalitas dan gangguan lalu lintas. Khususnya, di sepanjang jalur mudik di luar tol dari jalanan arteri, perbatasan wilayah hingga fasilitas umum seperti stasiun, terminal dan tempat istirahat (rest area).

2. Memberikan pelayanan informasi bagi para pemudik

Jumlah CCTV di Purwakarta Ditambah untuk Cegah KriminalitasIlustrasi petugas polisi menghalau pemudik. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Lebih lanjut, Edwar mengatakan, Rakor kali ini membahas persiapan pengamanan arus mudik hingga penyiapan informasi untuk masyarakat. Dengan demikian, ia berharap pelayanan kepada masyarakat maupun pemudik bisa lebih baik dari sebelumnya.

"Dengan digelarnya rakor ini agar pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2023 nanti dapat berjalan dengan baik, aman, dan lancar. Dengan begitu masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran bisa merasa aman," kata Edwar dalam keterangan persnya.

3. Kamera CCTV ditambah dan ditempatkan di perbatasan

Jumlah CCTV di Purwakarta Ditambah untuk Cegah KriminalitasPetugas melakukan pemantauan CCTV Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru di Posko Natal dan Tahun baru Bandara Soekarno Hatta (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Purwakarta Rudi Hartono mengklaim telah menambah CCTV pada 11 titik pada tahun ini. Bahkan, kamera-kamera tersebut dipasang hingga ke wilayah perbatasan dengan Kabupaten Subang, Karawang, Bandung Barat dan Cianjur.

"Kita telah menyiapkan CCTV di 55 titik dan tahun ini ada 11 titik tambahan sesuai usulan dari pihak Polres Purwakarta. Kita juga pasang di perbatasan Subang sebanyak dua titik, Karawang dua titik, Cianjur satu titik dan KBB satu titik," tutur Rudi.

Baca Juga: Jelang Persib vs Persija, Ratusan Polisi Dikerahkan di Purwakarta

Baca Juga: Jadi Nama Jalan di Purwakarta, Siapa Syeikh Baing Yusuf?

Baca Juga: Purwakarta Diterjang 198 Bencana Alam Selama 2022 Akibat Cuaca Ekstrem

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya