Punya Potensi Ekonomi, Petani Kopi Bandung Barat Dapat Pelatihan

Potensi kopi di KBB harus dikelola dengan baik

Kabupaten Bandung Barat, IDN Times - Potensi alam yang ada di Kabupaten Bandung Barat memiliki hasil pertanian melimpah, tak terkecuali kopi. Hal itu telah disadari banyak orang termasuk pemerintah setempat, mengingat permintaan terhadap kopi dari tanah Bandung Barat yang tak pernah surut.

Merespons hal tersebut, Sukarelawan Ganjar Sejati menilai bahwa potensi industri kopi di Bandung Barat merupakan hal yang harus dioptimalisasi. Berdasarkan anggapan itu, para pendukung Ganjar Pranowo tersebut menggelar pelatihan kopi pasca-panen untuk meningkatkan hasil pertanian kopi yang ada di Kabupaten Bandung Barat.

Hal itu disampaikan Koordinator Daerah Ganjar Sejati Kabupaten Bandung Barat Asep Sukarna. Dia menjelaskan, potensi alam harus mampu dimaksimalkan, terutama oleh warga desa.

"Agar masyarakat desa menjadi basic kekuatan ekonomi dalam rangka kemandirian ekonomi Indonesia ke depan," ujar Asep di lokasi pelatihan, Kampung Binong, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (24/9/2023).

1. Pelatihan kopi bangkitkan semangat kemandirian warga

Punya Potensi Ekonomi, Petani Kopi Bandung Barat Dapat PelatihanPunya Potensi Ekonomi, Petani Kopi Bandung Barat Dapat Pelatihan (IDN Times/istimewa)

Ganjar Sejati sebagai sukarelawan yang gencar berbagi kebaikan dan kegiatan positif ke masyarakat, berkomitmen untuk mendorong warga desa sebagai salah satu penggerak perekonomian bangsa.

Asep optimistis, pelatihan kopi yang dilakukan Ganjar Sejati dapat membangkitan semangat dan kemandirian masyarakat dalam mengungkit ekonomi daerah melalui kopi.

"Semangat yang kami bawa untuk masyarakat desa, semoga menumbuhkembangkan keinginan untuk mandiri, semangat untuk gotong royong," kata Asep.

2. Usaha kopi terus membaik saban tahunnya

Punya Potensi Ekonomi, Petani Kopi Bandung Barat Dapat PelatihanKementan terus mendorong regenerasi petani kopi. (Dok. Kopi dari Timur)

Lebih lanjut, Nandang Kosim sebagai pemateri dan juga Ketua Penggerak Petani Kopi Kabupaten Bandung Barat menyampaikan hasil pertanian para petani kopi sudah cukup bagus dari tahun ke tahun di daerahnya.

"Usaha warga di kopi sudah cukup baik di tahun-tahun ini. Dari harga kopi sangat murah, sekarang sudah menjual produk sendiri dari petani tersebut," ucap Nandang.

Dia mengapresiasi para pendukung Ganjar Pranowo yang turun langsung ke tengah masyarakat untuk mendorong para petani kopi dalam meningkatkan kualitas hasil pertaniannya.

3. Semoga dapat memantik perhatian pada petani kopi

Punya Potensi Ekonomi, Petani Kopi Bandung Barat Dapat PelatihanPunya Potensi Ekonomi, Petani Kopi Bandung Barat Dapat Pelatihan (IDN Times/istimewa)

Menurut Nandang, semangat yang dibawa Ganjar Sejati untuk masyarakat dapat memantik pihak lainnya untuk memberikan perhatiannya ke petani kopi. Perhatian tak hanya diharapkan datang dari pemerintah saja, melainkan juga masyarakat penikmat kopi agar lebih mengapresiasi kopi lokal.

"Dengan kehadiran para relawan Ganjar Sejati, mudah-mudahan semua kalangan tahu kebutuhan masyarakat," tutur Nandang.

Baca Juga: Kementan: Korporasi Petani Memperkuat dan Memandirikan Petani

Baca Juga: Filosofi Kopi Jogja, Sajian Kopi Modern dengan Nuansa Tradisional

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya