Comscore Tracker

Kreatif! Cara Prasetiya Mulya Bikin Mahasiswa Unggul dalam Branding

Kontestan juga diapresiasi para juri

Bandung, IDN Times - Kampus Prasetiya Mulya BSD baru saja menggelar Sales Case Competition pada 10 Januari 2023 untuk menantang mahasiswa mereka memecahkan kasus nyata sebuah brand dalam meningkatkan penjualan.

Keseruan kompetisi ini disambut baik oleh mahasiswa. Konsep kegiatan pun dikemas dengan nuansa kasual sehingga semakin menarik.

Suherman Widjaja, perancang sekaligus Koordinator Faculty Member untuk mata kuliah Sales Management S1 Branding menyampaikan jika kompetisi ini merupakan rangkaian proses belajar ilmu sales.

Ia mengatakan, program ini dirancang dengan tujuan agar mahasiswa bisa mendapat pengetahuan serta kesempatan mempraktikan kemampuannya secara langsung di dunia nyata.

1. Dibimbing cari akar masalah, dan menganalisisnya

Kreatif! Cara Prasetiya Mulya Bikin Mahasiswa Unggul dalam BrandingCara Prasetiya Mulya Bikin Mahasiswa Unggul dalam Branding (IDN Times/Istimewa)

Melalui bimbingan Faculty Member, mahasiswa diajak memecahkan masalah nyata secara runtut dan sistematis menggunakan berbagai konsep ilmu sales dan marketing.

Mereka dibimbing melakukan riset guna mencari akar penyebab masalah, lalu menganalisis temuan yang didapat, kemudian merancang solusinya.

“Mempelajari dan menghapal ilmu di kelas belum cukup, itu hanya tataran tahu teori, setiap mahasiswa perlu diajak mempraktikkannya secara langsung di lapangan agar bisa menerapkannya itulah cara belajar yang baik,” kata Suherman, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Jumat (12/1/2023).

2. Ditantang memecahkan masalah Bakmi Mewah produk Mayora

Kreatif! Cara Prasetiya Mulya Bikin Mahasiswa Unggul dalam Brandingdictio.id

Novi Amelia, Manajer Program S1 Branding, mengatakan jika terdapat delapan grup kontestan yang terdiri dari rata rata enam mahasiswa dan mahasiswi, yang merupakan mahasiswa terbaik dari setiap kelas.

“Mereka ditantang untuk memecahkan kasus nyata yaitu meningkatkan penjualan Bakmi Mewah, salah satu produk Mayora yang menjadi case contributor di kompetisi ini. Kompetisi seperti ini cukup lama terhenti selama pandemi,” tutur Novi.

3. Penampilan kontestan diapresiasi juri

Kreatif! Cara Prasetiya Mulya Bikin Mahasiswa Unggul dalam BrandingCara Prasetiya Mulya Bikin Mahasiswa Unggul dalam Branding (IDN Times/Istimewa)

Para pengajar di sana umumnya mengaku puas dengan kemampuan yang ditunjukkan para kontestan.

Bahkan, juri dari Mayora yakni Marketing Director M. Taufiqullah Assyaukani, mengatakan jika rata-rata kontestan punya kemampuan yang baik dengan analisis yang tajam, dan menampilkan berbagai solusi.

Tak hanya Taufiqullah, juri lainnya yakni Senior Brand Manager Andriana Cicilia menjelaskan bahwa ide segar para kontestan sejatinya bisa diterapkan oleh banyak perusahaan di Indonesia.

Baca Juga: 5 Manfaat Medsos untuk Meningkatkan Value, Bangun Personal Branding-mu

Baca Juga: 5 Kesalahan Personal Branding yang Jarang Orang Sadari

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya