Kata 'Baristan' jadi Polemik, Apa Respons Barista Profesional?

Baristan merupakan kata yang dikenalkan merek kopi saset

Bandung, IDN Times – Belum lama ini media sosia diramaikan dengan kata “baristan” yang menjadi polemik. Sekilas, 'baristan' memang mirip dengan 'barista', yakni nama pekerjaan bagi seseorang yang ahli dalam meracik kopi.

Kata 'baristan' sendiri dipopulerkan oleh merek kopi Caffino, yang berarti 'barista kopi instan'. Lewat kata itu, Caffino bermaksud menekankan bahwa setiap orang sejatinya bisa membuat kopi enak di rumahnya masing-masing dengan racikan yang telah dibungkus lewat kopi saset.

Bagi Muhammad Aga, barista profesional Indonesia yang sudah 13 tahun berkecimpung di industri kopi, munculnya kata 'baristan' sungguh membingungkan para barista.

“Awalnya gue pikir ini typo, karena kami di industri ini, barista kan menjadi profesi dengan sertifikasi. Jadi gak segampang itu (disebut barista), karena ribet loh sebenarnya bikin kopi itu. Ada sih yang kasih pendapat di grup komunitas, jadi ramai juga perbincangan 'baristan' ini di sana,” kata Aga, dalam jumpa pers yang digelar Caffino terkait lahirnya kata ‘baristan’, Selasa (22/3/20220).

1. Bagi barista, kata ‘baristan’ menggelitik nama profesinya

Kata 'Baristan' jadi Polemik, Apa Respons Barista Profesional?Klarifikasi kata 'Baristan' yang dipertanyakan para barista (IDN Times/Istimewa)

Aga menjelaskan, awalnya ia berpikir ‘baristan’ hanyalah salah ketik ketika seseorang bermaksud menulis ‘barista’. Namun, setelah mengetahui bahwa ‘baristan’ merupakan akronim dari ‘barista kopi instan’, ia pun menjadi bertanya-tanya.

Soalnya, kata dia, barista merupakan seseorang yang ahli dalam meracik kopi dan harus memahami banyak keahlian lainnya. Misalnya, kata dia, barista juga harus menjadi marketing dalam menawarkan kopi yang tersedia di sebuah coffee shop, atau bahkan menjadi showcase para petani di Indonesia.

“Lagian kami belajar teknis (membuat kopi) kan biasanya lama, biar bisa bikin kopi enak. Jadi masih agak-agak tergelitik dengan istilah ‘baristan’,” katanya.

2. Dikenalkannya istilah ‘baristan’ punya tujuan yang baik

Kata 'Baristan' jadi Polemik, Apa Respons Barista Profesional?Klarifikasi kata 'Baristan' yang dipertanyakan para barista (IDN Times/Istimewa)

Sementara itu CEO PT Sumber Kopi Prima, Ihsan Mulia Putri, mengungkapkan jika istilah dan konsep ‘baristan’ adalah cara Caffino untuk memfasilitasi pecinta kopi agar tetap dapat menikmati segelas kopi berkualitas premium dengan cara membuat sendiri di rumah.

Penikmat Cafffino, kata dia, dapat merasakan sensasi membuat segelas kopi dengan kualitas yang tak kalah dengan kedai atau kafe favorit mereka, tanpa harus memiliki keahlian khusus.

“Baristan atau barista kopi instan sesungguhnya adalah semangat yang kami sebarkan untuk semua pecinta kopi di Indonesia. Bahwa siapa saja boleh dan pasti bisa membuat segelas minuman kopi instan yang enak sama seperti kopi di kafe,” kata Ihsan, di acara yang sama.

3. Fenomena ‘baristan’ jadi jawaban atas kebutuhan nongkrong untuk minum kopi selama pandemi

Kata 'Baristan' jadi Polemik, Apa Respons Barista Profesional?Antara Foto/Ari Bowo Sucipto

Di sisi lain, Ihsan menerangkan, semangat ‘baristan’ yang diusung Caffino tidak terlepas dari situasi pandemi yang memaksa masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah seperti pergi ke kedai kopi.

Menyeduh kopi instan sendiri di rumah dianggap bisa menjadi solusi sekaligus sensasi dalam menikmati kopi. Namun, agar rasanya tidak mengecewakan, diperlukan produk kopi instan yang memiliki bahan-bahan premium dan berkualitas.

“Setiap varian dari Caffino memiliki keunggulan dari cita rasa kopinya yang lebih kuat karena terbuat dari bahan premium yaitu kopi asli dan susu asli. Bahkan untuk yang fanatik dengan cita rasa kopi, varian Caffino Dark Cappucino memiliki tambahan topping granule dari kopi asli. Sehingga dalam setiap sesapan, kopinya akan terasa strong seperti kualitas kopi ala barista di kafe,” tuturnya.

4. Seperti memasak, membuat kopi tidak melulu dengan metode yang rumit

Kata 'Baristan' jadi Polemik, Apa Respons Barista Profesional?Instagram

Sementara itu bagi Chef Jerry Andrean, sosok yang populer lewat Masterchef Season 7, kopi merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia yang bisa dinikmati dengan berbagai cara dan kesempatan.

Kopi instan yang dikenalkan Caffino, bagi Jerry bisa menjadi pilihan yang tepat untuk masyarakat agar bisa membuat sendiri kopi secara mudah tanpa harus kehilangan kualitas yang kerap diidentikkan oleh sajian kopi kafe.

“Sama seperti memasak, membuat kopi yang dianggap enak tidak harus selalu dengan metode atau teknik yang rumit. Ada kalanya dengan cara sederhana kita pun bisa membuat sajian kopi yang enak, ujar Jerry.

Baca Juga: Paket Khusus Latte Art Training untuk Barista, Segini Tarifnya

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sekolah Barista di Sekitar Jakarta

Baca Juga: 10 Meme Keseharian Barista Piawai Racik Kopi, Bikin Gemes!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya