Comscore Tracker

Sulit Dievakuasi, Monyet Liar Masih Berkeliaran di Bandung

Diskar PB siapkan kandang jebakan hingga tembakan bius

Bandung, IDN Times - Teror monyet liar di Kota Bandung masih akan berlanjut. Musababnya, evakuasi monyet tersebut sulit dilakukan karena sifat hewan yang dinamis.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung M. Yusuf Hidayat menuturkan, instansinya sudah mendapat laporan dari masyarakat mengenai adanya monyet liar tersebut. Bukan hanya laporan secara langsung, tapi juga informasi yang disampaikan melalui media sosial.

"Berdasarkan yang kita pantau adanya hewan liar monyet ke pemukiman ada di Cipadung, Kiaracondong, Antapani, hingga Cipadung," kata Yusuf dalam diskusi Bandung Menjawab, Rabu (30/11/2022).

1. Belum bisa memastikan asal monyet

Sulit Dievakuasi, Monyet Liar Masih Berkeliaran di Bandungilustrasi monyet (pixabay.com/PavanPrasad_IND)

Karena belum bisa ditangkap, Diskar PB belum bisa memastikan dari mana hewan tersebut bisa tiba-tiba ada di pemukiman warga. Karena bisa jadi mereka keluar tempat tinggal atau kandang untuk mencari makan.

"Monyet liar kadang kan ada yang dipelihara. Nah, apakah itu peliharaan atau bukan. Dilepaskan untuk mencari makan atau tidak, karena jenisnya hampir sama yang dilaporkan itu," kata dia.

2. Kerja sama dengan BBKSDA Jabar buat kandang jebakan

Sulit Dievakuasi, Monyet Liar Masih Berkeliaran di Bandungbarkpost.com

Yusuf menuturkan, untuk memudahkan pencarian dan penangkapan monyet liar tersebut, Diskar PB bekerja sama dengan BBKSDA Jawa Barat yang lebih ahli di bidang ini. Karena ada informasi juga monyet liar ini datang dari pegunungan Manglayang atau hutan lainnya di sekitar Bandung.

BBKSDA berencana membuat kadang buatan akan bisa menjebak sehingga nanti monyet liar tersebut. Namun persoalannya karena monyet ini kerap berpindah-pindah sehingga sulit ditangkap.

3. Kemungkinan lakukan suntik bius

Sulit Dievakuasi, Monyet Liar Masih Berkeliaran di Bandungilustrasi vaksin dan jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurutnya, Diskar PB saat ini melakukan antisipasi agar monyet liar tidak membahayakan masyaarakat. Jika hal itu terjadi maka penanganan dengan cara suntik bius bisa dilakukan.

"Kalau misalnya membahayakan kemungkinan suntik bius, tapi kan ada aturannya. Kalau monyet diam statis kita bisa buat kandang jebakan," katanya.

Yusuf pun mengimbau masyarakat tidak resah dengan adanya monyet liar. Jangan juga menggangu hewan tersebut karena bisa membuat mereka marah dan justru membahayakan.

Baca Juga: Kawanan Monyet Liar Masuk Kampung, Curi Telur hingga Ambil Berkas

Baca Juga: Bocah 3 Tahun di Gresik Terluka Diserang Monyet Liar

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya