Masjid Karya Ridwan Kamil di Palestina Mulai Digunakan Tarawih

Ridwan Kamil mengunggah momen ini melalui instagram

Bandung, IDN Times - Masjid Syeikh Azlin di Gaza, Palestina, karya arsitektur Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Emil kini sudah digunakan untuk shalat tarawih pada Ramadan 1444 H/2023 M.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Emil melalui Instagram pribadinya, Sabtu (1/4/2023). Dari video yang ia unggah ini, masjid yang dibangun di wilayah Gaza tersebut telah rampung dan mulai digunakan masyarakat untuk ibadah tarawih.

"Masjid Gaza Palestina sudah dipakai tarawih lagi. Alhamdulillah Masjid Syekh Azlin, yang hancur di tahun 2014 oleh serangan bom Israel ini sekarang sudah kembali berdiri tegak," tulis Emil melalui keterangan postingan Instagram, dikutip, Selasa (4/4/2023).

1. Digunakan tarawih pertama di Ramadan 1444

Masjid Karya Ridwan Kamil di Palestina Mulai Digunakan TarawihTangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil juga merasa bangga karena karyanya bisa turut membantu masyarakat Palestina beribadah. Meskipun, sebelumnya banyak masyarakat yang melangsungkan ibadah melalui tenda darurat.

"Dan ini adalah Ramadan pertama masyarakat di kecamatan itu untuk bisa beribadah dengan afdal, setelah 8 tahun shalat selalu menggunakan tenda darurat," ucapnya.

Untuk diketahui, masjid tersebut merupakan wakaf dari masyarakat Indonesia yang dikelola oleh lembaga kemanusiaan Aman Palestina. Sehingga, ia juga langsung mendesain arsitektur masjid secara langsung.

"Semua berkat donasi dari para donatur institusi, pribadi dan netizen Indonesia yang digalang melalui @amanpale****," katanya.

2. Ridwan Kamil sebelumnya kasih dua pilihan gambar arsitektur

Masjid Karya Ridwan Kamil di Palestina Mulai Digunakan TarawihTangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil menerangkan, dalam membuat arsitektur masjid, ada dua pilihan yang diberikan pada donatur. Dari dua ini kemudian diberikan pilihan juga pada masyarakat di Palestina. Akhirnya, terpilihlah masjid dengan kubah serta sentuhan modern.

"Ternyata masyarakat Gaza Palestina justru memilih desain yang modern sebagai simbol kemajuan dan keberanian," katanya.

3. Senang masjid dipakai kembali untuk beribadah di bulan suci Ramadan

Masjid Karya Ridwan Kamil di Palestina Mulai Digunakan TarawihTangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Desain masjid tiga lantai ini dari luar memliki tiga bidang, di mana dalam bidang ini memiliki makna tiga bulan sabit jika dilihat dari atas yang artinya Habluminallah, Habluminannas, dan Habluminal Alam.

"Semoga dukungan kita kepada Palestina selalu menyala dengan berbagai bentuknya baik diplomasi politik, kemanusiaan maupun dakwah keumatan. We always love and support you dear Palestine," kata dia.

Baca Juga: Tak Kalah Megah dari Al Jabbar, Ini Daftar 8 Masjid Karya Ridwan Kamil

Baca Juga: 174 Pengurus Masjid Raya Al Jabbar Dilantik, Ridwan Kamil Ketua DKM

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya