Libur Lebaran 2021 Tak Terkontrol, Jabar Siaga Satu COVID-19

Penanganan COVID-19 pada libur lebaran 2021 belum maksimal

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provins (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menyiarkan level kewaspadaan siaga satu COVID-19. Keputusan ini diambil Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau Emil usai rapat evaluasi Satgas COVID-19 Jabar di Makodam III Siliwangi, Senin (31/5/2021).

"(Jabar) Sedang siaga satu, kenaikan ukuran Bed Occupancy Rate (BOR) kalau sampai 10 persen itu ada lonjakan," ujar Emil.

1. BOR di Jabar naik sejak pekan kemarin

Libur Lebaran 2021 Tak Terkontrol, Jabar Siaga Satu COVID-19 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Emil mengatakan, naiknya BOR merupakan imbas dari libur dan mudik yang bocor dalam penjagaan. Menurutnya, kejadian ini harus dijadikan pembelajaran untuk penanganan kedepannya.

"Keterisian rumah sakit atau BOR pekan ini sebanyak 38,6 persen dari pekan sebelumnya yang hanya 30,6 persen," katanya.

2. RS didatangi banyak pasien COVID-19

Libur Lebaran 2021 Tak Terkontrol, Jabar Siaga Satu COVID-19Dok. Humas Jabar

Berdasarkan data yang Emil miliki, ada rumah sakit (RS) beberapa daerah yang tingkat keterisiannya sudah melebihi ambang batas dari 70 persen hingga 90 persen. Di antaranya ialah RS Al-Ihsan, RS Immanuel, dan RS Santosa.

"Rumah sakit yang tingkat keterisiannya sudah di atas 70 persen segera mengalokasikan kamar perawatan penyakit umum diubah untuk pasien COVID-19," ujarnya.

3. Emil minta warga Jabar jangan abai protokol kesehatan

Libur Lebaran 2021 Tak Terkontrol, Jabar Siaga Satu COVID-19Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Emil menambahkan, tingkat kedisiplinan masyarakat dalam satu pekan kemarin mengalami penurunan. Hal ini berdampak pada penilaian tingkat nasional. Biasanya, angka kedisiplinan warga Jabar berada di atas 80 persen, sementara pekan ini menjadi 72 persen.

"Jadi BOR-nya naik, kedisiplinan turun. Warga jangan menyepelekan COVID-19 yang makin ganas, jangan sampai negara kehilangan kendali," katnya.

Baca Juga: Tak Punya Partai, Ridwan Kamil Maju Pilpres 2024 Bila Ada yang Usung

Baca Juga: Diminta Khofifah, Ridwan Kamil Desain Ulang Islamic Center Surabaya

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya