KPU Jabar: Logistik Pemilu 2024 Tiba di TPS H-1 Pencoblosan

Logistik masih dipegang PPK

Bandung, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan pendistribusian logistik terpenuhi sebelum hari pencoblosan pada 14 Febuari 2024. Seluruh keperluan pemilu ini akan dibagikan ke seluruh tempat pemungutan suara (TPS). 

"Secara aturan H-1 semua (logistik) sudah sampai ke TPS, di mana kami punya 140.457 TPS," kata Ketua KPU Jawa Barat, Ummi Wahyuni usai kegiatan Apel Pergeseran Pasukan dan Patroli Gabungan Terpadu Dalam Pengamanan Pemilu 2024 di Jalan Diponegoro, Bandung, Senin (12/2/2024).

1. Logistik tidak boleh geser ke TPS sebelum H-1 pencoblosan

KPU Jabar: Logistik Pemilu 2024 Tiba di TPS H-1 Pencoblosanilustrasi pemilu (dok. IDN Times/ Agung Sedana)

Ummi mengungkapkan, surat suara milik KPU Jawa Barat sudah terdistribusi ke Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dengan presentase 80 persen. Dia menargetkan, malam ini 100 persen logistik telah tiba di PPK untuk selanjutnya didistribusikan ke TPS.

"Sampai sekarang masih di PPK gak boleh bergeser dulu ke TPS, semua sudah 80 persen di PPK, malam ini berharap sudah 100 persen dan besok sudah (disalurkan) di TPS," ujarnya.

2. TPS terdampak bencana akan dipindahkan

KPU Jabar: Logistik Pemilu 2024 Tiba di TPS H-1 PencoblosanIlustrasi jalan longsor (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Selain itu, Ummi mengatakan, KPU telah memitigasi lokasi TPS yang terdampak bencana alam seperti banjir di Ujungjaya, Kabupaten Sumedang. Adapun lokasi yang terdampak bencana akan dipindahkan ke tempat lainnya. 

"TPS yang bencana mitigasinya dipindahkan ke yang masih satu lingkup RT, kalau misal di RT itu masih bencana berarti digeser karena kita memikirkan aksesibilitas. Seperti yang di Sumedang," katanya.

3. Surat suara rusak sudah diganti

KPU Jabar: Logistik Pemilu 2024 Tiba di TPS H-1 PencoblosanTwitter

Lebih lanjut, Ummi mengungkapkan, hingga hari ini total sebanyak 183 ribu surat suara di Jawa Barat ditemukan rusak. KOU memastikan telah meminta pengganti surat suara yang rusak tersebut.

"Gak banyak, 183 ribu surat suara di Jawa Barat dan itu semua sudah diganti. Sudah 100 persen kalau surat suara," kata dia. 

Baca Juga: APK Peserta Pemilu di Jabar Belum Semuanya Ditertibkan

Baca Juga: Bawaslu Minta Warga Tak Pakai Kaus atau Atribut Kampanye saat Nyoblos

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya