Bey Machmudin Janji Realisasikan Pembangunan Jalan Tambang Bogor

Pembangunan jalan tambang merupakan janji Ridwan Kamil

Bandung, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin memastikan pembangunan jalan tambang di Parung Panjang, Bogor bakal terealisasi. Saat ini Pemprov Jawa Barat masih berkoordinasi dengan beberapa pihak.

Bey Machmudin mengatakan, proyek Jalan Tambang ini nantinya akan dikerjakan oleh banyak pihak. Salah satu yang sudah menawarkan diri ialah perusahaan swasta.

"Untuk yang jalan tambang sendiri, hari ini ada pembahasan Kepala Dinas Bina Marga dengan pihak PT AAC. Nanti kami update. Itu kami sepakat harus ada jalan tambang segera," ujar Bey, Senin (20/11/2023).

1. Sudah ada pihak swasta yang akan turut membantu

Bey Machmudin Janji Realisasikan Pembangunan Jalan Tambang BogorPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bey memastikan, Pemerintah Provinsi saat ini tengah mengupayakan agar pembangunan bisa segera dilakukan. Salah satu pihak swasta itu, dipastikan dengan sukarela mengajukan diri untuk ikut membangun jalan tambang.

"PT AAC itu merupakan pihak swasta dari awal itu yang bersedia. Rencana realisasinya saya belum update seperti apa, tapi pembahasan sudah, nanti akan di-update bagaimana hasilnya," kata dia.

2. Soal jalur akan berkoordinasi dengan PUPR

Bey Machmudin Janji Realisasikan Pembangunan Jalan Tambang BogorPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Menegai mekanisme jalurnya nanti akan seperti apa, Bey memastikan hal itu akan dikoordinasikan saat rapat antara swasta dan DBMPR Jawa Barat. Dia memastikan persoalan itu kini sudah masuk dalam pembahasan.

"Jalur tersedia, tapi nanti kami koordinasikan dengan Kementerian PUPR ya," katanya.

3. Anggara bisa dari pemerintah pusat, provinsi, dan swasta

Bey Machmudin Janji Realisasikan Pembangunan Jalan Tambang BogorPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Disinggung soal anggaran, Bey mengatakan, nantinya akan ada beberapa sumber dari pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Mengingat, alokasi untuk pembangunan itu juga kini sudah dianggarkan.

"Anggaran bisa pusat, bisa provinsi, bisa juga swasta, karena itu kan jalan tambang. Provinsi anggaran infrastruktur ada, jumlahnya berapa nanti kami cek lagi. Yang penting kami ingin itu segera jalan, karena bisa membahayakan masyarskat," kata dia.

Untuk diketahui, pembangunan jalan tambang sendiri merupakan janji mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang belum terealisasikan. Saat ini warga turut melakukan aksi agar pembangunan segera terlaksana.

Baca Juga: Ke Tambang Freeport, Jovial Da Lopez Bongkar 5 Mitos Ini

Baca Juga: Jalan-jalan Malam, Ganjar Temui Pelukis di Jalan Braga Bandung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya