834 Keluarga Jadi Korban Angin Puting Beliung Sumedang-Bandung 

Beberapa di antaranya mengalami luka-luka

Bandung, IDN Times - Korban peristiwa bencana alam angin puting beliung di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung bertambah. Berdasarkan data terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, total korban terdampak ada sebanyak 834 kartu keluarga.

Humas BPBD Jawa Barat, Hadi Rahmat mengatakan, data hari ini mencatat banyak warga dari dua Kabupaten terdampak peristiwa angin puting beliung pada Rabu (21/2/2024) sore.

"Korban terdampak Kabupaten Sumedang ada 412 KK (Jiwa terdampak masih dalam pendataan dan validasi), 12 orang luka-luka, 21 KK/74 jiwa mengungsi. Untuk Kabupaten Bandung ada 422 KK atau sekitar 1359 jiwa, 21 orang luka-luka," ujar Hadi melalui keterangan resmi, Kamis (22/2/2024).

Peristiwa bencana angin puting beliung ini terjadi di Kecamatan Jatinangor, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Kemudian berdampak juga ke Kecamatan Rancaekek, Kecamatan Cicalengka, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

"Kabupaten Sumedang ada 13 Unit Bangunan pabrik terdampak, 10 Unit rumah rusak sedang. Sementara di Kabupaten Bandung18 bangunan pabrik dan toko terdampak, 223 Unit rumah rusak ringan, 119 unit rumah rusak sedang, 151 unit rumah rusak berat," katanya.

Adapun untuk kondisi terkini setelah peristiwa angin puting beliung di dua daerah itu, masyarakat perlahan mulai membenahi rumah yang terdampak. Warga yang mengungsi juga sudah diberikan tenda darurat.

"Pemasangan satu unit tenda dari batalion 330 dan satu unit dari Kemensos untuk warga kampung situbuntu RT 04 RW 02 desa Mangun Arga Kecamatan Cimanggung. BPBD juga masih melakukan pendataan warga yang terdampak dan assesment," kata dia.

Baca Juga: Puting Beliung Sumedang Rusak Empat Kawasan di Dua Kecamatan

Baca Juga: Angin Puting Beliung Sumedang Rusak Bangunan Pabrik dan Rumah

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya