5 Rumah Rancangan Soekarno di Bandung, Ada yang Disegel Satpol PP 

Rancangan Soekarno selalu disertai nilai kenusantaraan

Bandung, IDN Times - Berbicara tentang Presiden Soekarno, tentunya tidak hanya soal kemerdekaan Indonesia saja. Bapak Bangsa atau the founding fathers Indonesia yang satu ini memiliki latar belakang yang kental dengan dunia arsitektur.

Soekarno merupakan siswa Hoogeschool de Bandoeng atau saat ini bermana ITB. Ia masuk jurusan Teknik Sipil dan dinyatakan lulus pada 1926. Soekarno tercata sempat mendirikan biro asitektur sebanyak dua kali, pertama ia dirikan bersama Ir. Anwari dan kemudian Ir. Rooseno. Saat itu, Soekarno juga sudah memiliki gelar Insinyur (Ir).

Gatot Gunawan, Pemerhati sejarah dari Kota Bandung mengatakan, setiap arsitektur rumah atau bangunan garapan Soekarno tentunya memiliki ciri khas dan nilai filosofi yang dalam. Hal itu dapat dilihat dari beberapa rumah yang  saat ini masih berdiri kokoh.

"Ciri khas arsitek Sukarno, pertama, puncakanya seperti ada gada dan senjata yang dipakai Bima, seperti masjid tempo dulu bisa dibilang kayak momolo dan disimbolkan keteguhan keperkasaan."

"Bisa dibilang seperti menyusupi nilai ke-Nusantara-an pada warga Belanda, yang menggunakan jasanya. Meskipun tidak dijelaskan secara rinci maksud itu, namun terselip di balik ikon tersebut," kata Gatot.

Lalu bagaimana saja bentuknya? berikut lima rumah rancangan Presiden Soekarno di Kota Bandung:

1. Dua Rumah Kembar di Jalan Gatot Subroto

5 Rumah Rancangan Soekarno di Bandung, Ada yang Disegel Satpol PP (Rumah Kembar Ir. Sukarno Kota Bandung) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Salah satu karya yang kini masih bertahan peninggalan Sukarno yakni Rumah Kembar yang berada di Jalan Gatot Subroto nomor 54 dan 56. Bangunan tersebut berdiri di antara perempatan menuju wilayah Palasari, Kota Bandung.

Bangunan itu sempat berpolemik lantaran pemilik bangunan melakukan perombakan tanpa izin Tim Ahli Cagar Budaya (TACB). Akhirnya, pada 2018, Pemerintah Kota Bandung menyegel dan menutup sementara bangunan tersebut.

Sedangkan bangunan kedua bernomor 54, dalam kondisi telah direnovasi dan tidak terlihat kondisi di dalamnya. Harastuti menjelaskan, bangunan nomor 54 sempat berpolemik lantaran pemilik bangunan hendak mengubah menjadi rumah tinggal.

Perombakan sudah dilakukan pada genteng, kontruksi atap, dan lain-lain. Selain itu, momolo atau hiasan atap yang menjadi ciri khas arsitek Sukarno juga telah dilepas.

Sepengetahuan Harastuti, fungsi bangunan kembar tersebut awalnya ada yang dijadikan asrama dan bangunan satunya lagi sebagai tempat tinggal.

2. Rumah tinggal di Jalan Dewi Sartika nomor 107

5 Rumah Rancangan Soekarno di Bandung, Ada yang Disegel Satpol PP Jabar.tribun.com

Rumah Soekarno selanjutnya ada di Jalan Dewi Sartika nomor 107. Jika kalian hendak berangkat menuju Terminal Kebon Kalapa, di belakang terminal itulah bangunan ini berdiri. Atau kalian yang hendak ke ITC mal pasti akan melihat rumah rancangan Soekarno itu.

Gaya nusantara dari bangunan ini memang masih terlihat pada beberapa titik, meskipun keseluruhan pada bagian luar bangunan terlihat sangat kental dengan nuansa Eropa. Rumah ini juga sudah masuk dalam cagar budaya sama seperti rumah kembar.

3. Rumah Bersejarah di Jalan Pasir Koja nomor 25

5 Rumah Rancangan Soekarno di Bandung, Ada yang Disegel Satpol PP Pikiran-rakyat.com

Rumah karya Soekarno yang berdiri di Jalan Pasir Koja ini terlihat masih sama dengan sejumlah karya Soekarno yang lainnya. Namun sayangnya, atap dari bangunan ini tidak terawat, meskipun temboknya masih berdiri kokoh dengan gaya khas Soekarno.

Berdasarkan sumber yang di dapat IDN Times, rumah ini tidak diketahui berpenghuni atau tidak. Dahulu disebutkan ada yang tinggal di rumah itu kemudian dijual. Semoga aset karya ini tetap terawat dan masuk cagar budaya.

4. Rumah Jalan Palasari nomor 5

5 Rumah Rancangan Soekarno di Bandung, Ada yang Disegel Satpol PP Pikiran-rakyat.com

Bagian depan rumah ini berbentuk segi lima yang identik dengan rumah-rumah pada zaman kolonial. Bangunan ini terlihat masih kokoh dan terlihat sudah menggunakan Air Conditioner (AC).

Rumah ini diketahui dihuni oleh keluarga besar, dan digunakan sebagai kantor RW di kelurahan setempat.

5. Rumah di Jalan Kaca-kaca Wetan nomor 8

5 Rumah Rancangan Soekarno di Bandung, Ada yang Disegel Satpol PP Pikiran-rakyat.com

Sekilas tampak dari depan bahu jalan, rumah yang satu ini langsung bisa disimpulkan hasil rancangan Soekarno. Mengapa demikian? Momolo di atas rumah itu kokoh berdiri diaapit oleh genteng. Selain itu, tembok juga terlihat masih seperti model eropa.

Bangunan ini juga belum diketahui apakah masuk cagar budaya atau tidak. Mungkin ini bisa menjadi catatan juga agar hasil karya Soekarno dapat dimasukkan dan dilestarikan sebagai peninggalan budaya arsitektur Indonesia.

Baca Juga: 10 Quotes Soekarno yang Membara, daripada Makan Bestik Tapi Budak

Baca Juga: Profil Rachmawati Soekarnoputri, Anak Ketiga dari Presiden Soekarno

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya