Comscore Tracker

Kisah Didi Kempot Sempat Ditawari Jokowi Bumikan Pancasila

"Titipkan satu lirik di 'Pamer Bojo', enggak apa-apa."

Bandung, IDN Times - Kabar duka kembali datang dari panggung hiburan Indonesia. Penyanyi campur sari legendaris, Didi Kempot, dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (5/5) sekitar pukul 07.30 WIB. Ia meninggal di RS Kasih Ibu di Solo, Jawa Tengah.

Didi Kempot adalah musisi senior lintas generasi. Tidak hanya digandrungi masyarakat seusianya, tembang-tembang khas Didi juga tengah disukai oleh millennial Indonesia. Fenomena itu berbuntut pada sebutan "Sobat Ambyar" untuk menjuluki fans Didi Kempot, khususnya yang berasal dari kalangan millennial.

Besarnya pengaruh Didi Kempot pada dunia musik Tanah Air juga disadari oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Jokowi pernah meminta Didi Kempot untuk membumikan pancasila dan nilai-nilai kenegaraan lewat musik yang ia bawakan. Bagaimana kisahnya?

1. Didi Kempot dipandang dapat memengaruhi anak muda

Kisah Didi Kempot Sempat Ditawari Jokowi Bumikan Pancasilainstagram.com/didikempot_official

Pada Selasa 3 Desember 2019, Jokowi mengatakan kepada wartawan di Istana Negara bahwa Didi Kempot merupakan salah satu musisi yang memiliki pengaruh besar bagi generasi penerus bangsa. Di mata Jokowi, Didi Kempot merupakan tokoh yang mewakili musik--sebagai salah satu media yang dapat memengaruhi anak muda. Selain musik, presiden juga menilai film dan olahraga sebagai media lain yang dapat dijadikan kendaraan untuk membumikan nilai-nilai Pancasila.

"Titip sama sadboys sama sadgirls enggak apa-apa, sama sobat ambyar, enggak apa-apa. Titipkan satu lirik di 'Pamer Bojo', enggak apa-apa," ujarnya, kepada wartawan ketika itu, di mana ia menghadiri Presidential Lecture, Internalisasi dan Pembumian Pancasila. Pamer Bojo merupakan salah satu tembang Didi Kempot yang berhasil menyasar pasar anak muda.

"Ini media-media yang disukai anak-anak kita. Musik itu nomor dua, setelah olahraga," kata Jokowi, menambahkan.

2. Jokowi minta kabinetnya jalin kerja sama

Kisah Didi Kempot Sempat Ditawari Jokowi Bumikan PancasilaDok. Biro Pers Kepresidenan

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah tidak akan keberatan jika harus mengajak Didi untuk berkolaborasi dalam penyebaran nilai Pancasila. Selanjutnya, Jokowi meminta jajaran kementerian untuk segera menjalin kerja sama dengan para musisi dan pihak-pihak lainnya yang dapat memberi pengaruh positif pada generasi penerus seperti konten kreator, YouTubers, selebgram, vlogger, dan selebtwitt.

"Media-media inilah yang akan mempercepat dalam kita membumikan Pancasila," ujar dia. Namun, setelah itu belum ada kejelasan apakah kerja sama telah dilakukan pemerintah dan Didi Kempot. Yang terang, Didi Kempot terbukti tak berhenti berkarya hingga akhir usianya.

3. Didi Kempot meninggal dunia pagi hari

Kisah Didi Kempot Sempat Ditawari Jokowi Bumikan PancasilaDok. Humas Pemkot Solo

Didi Kempot dikabarkan meninggal dunia, Selasa (5/5) pagi ini. Dari siaran Kompas TV disebutkan, Didi meninggal dunia pada pukul 07.30 WIB. Saat ini, jenazah berada di RS Kasih Ibu di Solo, Jawa Tengah. Dalam wawancara Kompas TV , kakak Didi Kempot, Lilik mengatakan, sang adik sempat merasa kecapekan sebelum meninggal. Diduga Didi meninggal karena serangan jantung.

Selain digemari para sobat ambyar, Didi Kempot juga mendapat julukan "Godfather of Broken Heart". Julukan itu berawal dari lagu-lagu Didi Kempot yang hampir semuanya menceritakan tentang kesedihan dan kisah patah hati.

4. Dikabarkan terkena code blue asma?

Kisah Didi Kempot Sempat Ditawari Jokowi Bumikan Pancasilainstagram.com/didikempot_official

Kabar meninggalnya Didi Kempot pun diinformasikan pemilik akun Twitter bernama @MisterJahanam. Ia mengatakan, Didi Kempot meninggal di IGD RS Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah, karena terkena code blue asma. "Dapet kabar dari temen yg bekerja di rs kasih ibu "Bagi pecinta sobat ambyar, fyi Didi kempot barusan meninggal di igd rs kasih ibu, karena terkena code blue asma" beliau sudah mengarungi samudranya mungkin sudah saatnya di panggil yg maha kuasa, selamat jalan legend we love u," tulisnya.

Sontak saja hal ini membuat warganet kaget dan bersedih. Akun @willputra mengatakan, "serius bro? hoaks ini," tanyanya di kolom komentar akun @MisterJahannam

"Ini bukan dark joke, sama aku juga kaget baru 15 menitan beliau tiada," balas akun tersebut.

Meski demikian, hingga berita ini diturunkan, pihak keluarga ataupun medis yang menangani Didi Kempot belum memberikan keterangan resmi soal penyebab kematian sang legenda.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya