Comscore Tracker

Dulu Adu Gengsi, Corona Bikin Brand Lokal Bandung-Jakarta Kolaborasi

Kolaborasi itu dilakukan oleh Niion dan Urbain.inc

Bandung, IDN Times – Bandung dan Jakarta merupakan dua kota besar dengan produktivitas pemuda yang jempolan dalam menghasilkan sesuatu yang kreatif. Maka itu jangan heran jika kita tidak sulit menemui berbagai macam streetwear lokal di dua kota tersebut. Namun masalahnya, ada semacam arogansi yang muncul akibat derasnya perkembangan jenama lokal di Bandung dan Jakarta.

Fenomena itu membuat sebagian besar jenama lokal Bandung dan Jakarta jarang berkolaborasi satu sama lain demi menguatkan masing-masing citra merek. Kecuali saat ini, ketika jenama streetwear lokal asal Bandung; NIION, dan Jakarta; Urbain.inc, saling bertukar ide untuk membuat gebrakan baru demi kepentingan bersama.

Bagaimana kolaborasi itu berlangsung?

1. COVID-19 memaksa mereka berpikir lebih kreatif

Dulu Adu Gengsi, Corona Bikin Brand Lokal Bandung-Jakarta KolaborasiKolaborasi brand Bandung dan Jakarta, Niion dan Urbain.inc (IDN Times/Istimewa)

Harus diakui jika tahun 2020 dilalui dengan sangat berat, terutama oleh pelaku bisnis yang terdampak wabah virus corona (COVID-19). Terhitung sejak awal tahun hingga saat ini, virus corona yang mematikan tersebut belum dapat ditangani dengan sempurna.

Menurut pemilik Niion, Adit Yara, wabah virus corona membikin bisnis streetwear merugi sehingga ia harus menelurkan ide kreatif untuk mempertahankan bisnisnya. Bagaimana gak merugi, toh segala aktivitas mulai dibatasi, ruang-ruang berkumpul yang dulu ramai kini mulai sepi, dan pertemuan menyenangkan kini sulit untuk kita dapatkan.

Keadaan yang serbamembingungkan itu membuat kedua brand terpikir suatu hal yang baru dan bisa menyita perhatian: kolaborasi jenama streetwear lokal lintas kota.

"Goals-nya kita ingin membuktikan bahwa karya itu bisa disebarkan dengan campaign yang positif, yang edukatif, juga menyenangkan. Kolaborasi ini juga ingin menjelaskan banhwa dua dunia yg berbeda di mana Niion dengan pasar 70 persen cewek, dan Urbain.Inc dengan pasar 70 persen cowok, secara segment bisa saling bertukar market," tutur Adit, dalam rilis yang diterima IDN Times.

2. Ibarat ada bensin dan api, kolaborasi ini pemadam kebakarannya

Dulu Adu Gengsi, Corona Bikin Brand Lokal Bandung-Jakarta KolaborasiAdit Yara, Founder Niion (IDN Times/Galih Persiana)

Fenomena arogansi antarkota Bandung dan Jakarta semakin hari semakin menjadi-jadi. Kondisi tak baik itu tampak semakin nyata ketika masyarakat kedua kota menganggap inner circle merekalah yang terbaik.

Kedua kota sudah dipenuhi dengan sejarah kuat persaingan yang muncul tanpa disadari. Maka itu, kolaborasi ini dianggap sebagai penetral untuk pahit-manis perjalanan sejarah brand lokal Indonesia.

"Bandung dan Jakarta ibarat kata Persib dan Persija. Ada saja drama yang muncul akibat sengitnya persaingan kedua kota di dunia local brand. Di saat ke-Bandung-annya disandingkan dengan ke-Jakarta-annya, masing-masing saling mengklaim bahwa kota mereka merupakan titik mula kultur streetwear."

"Kami berdua di sini hadir untuk menjadi penetral suasana. Ibarat ada bensin dan api, mungkin kita itu pemadam kebakarannya," kata Adit.

Terinspirasi dari realita menarik itu, Urbain.inc dan Niion merancang sebuah pendekatan berbeda dalam koleksi terbarunya. Kolaborasi itu tercipta dengan nama This Is How We Roll yang disepakati oleh kedua jenama. Keduanya sepakat memandang bahwa This Is How We Roll adalah perwujudan yang lebih menyenangkan, terutama dalam melawan wabah virus corona yang membuat masyarakat kita terpuruk.

3. Merespons wabah COVID-19

Dulu Adu Gengsi, Corona Bikin Brand Lokal Bandung-Jakarta KolaborasiKolaborasi brand Bandung dan Jakarta, Niion dan Urbain.inc (IDN Times/Istimewa)

Koleksi This is How We Roll ini bercerita tentang kebangkitan masa suram yang selalu dihantui oleh kecemasan. Bagaimana tidak cemas, faktanya semua orang berpeluang terpapar virus corona jika tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan dan jika tidak memiliki imunitas tubuh yang baik. Hal tersebut diutarakan Rico Lubis, pendiri Urbain Inc.

Atas dorongan itu, maka NIION dan Urbain.inc sepakat untuk menjejali koleksi This Is How We Roll dengan sporty wear (tshirt, hoodie, shorts, duffle  bag, sling bag & mask) yang dapat menunjang peningkatan imunitas tubuh secara psikologi melalui produk yang didesain dengan warna dan fungsi untuk membuat masyarakat happy.

4. Kenapa produk kolaborasi ini cocok buat olahraga di masa pandemi?

Dulu Adu Gengsi, Corona Bikin Brand Lokal Bandung-Jakarta KolaborasiKolaborasi brand Bandung dan Jakarta, Niion dan Urbain.inc (IDN Times/Istimewa)

Saat ini sepertinya gaya hidup sehat, salah satunya dengan berolahraga, telah menjadi gaya hidup baru yang sedang ngetren di masyarakat. Lewat koleksi barunya, Niion dan Urbain.inc percaya jika kegiatan olahraga semakin menyenangkan dengan mengenakan produk mereka.

“Tidak hanya berbicara tentang kebugarannya saja. Koleksi kami juga terinspirasi dari setiap momen menyenangkan di tengah kegiatan menyehatkan,” kata Rico.

Rencananya, Urbain.Inc sendiri akan melanjutkan kolaborasi tersebut dengan beberapa jenama lokal lain dengan tujuan yang berbeda. "Untuk quarter keempat tahun 2020 ini, kita masih ada tujuh kolaborasi lagi. Dengan siapa saja kami akan berkolaborasi, pantau terus, ya," ujarnya.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya